STUDI LITERATUR MEDIA QUICKLY-EDU UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.381Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Media Pembelajaran Digital, IPAS, Quickly-Edu, Kajian LiteraturAbstrak
Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk mengidentifikasi peran media pembelajaran digital, khususnya Quickly-Edu, dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Studi dilakukan melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis berbagai artikel dan jurnal terkait media pembelajaran interaktif, keterampilan berpikir kritis, serta tantangan implementasinya di kelas. Hasil sintesis menunjukkan bahwa media digital seperti Quickly-Edu memiliki potensi besar untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif, menarik, dan kontekstual, sehingga mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Indikator berpikir kritis seperti Focus, Reason, Inference, Clarity, dan Overview dapat dilatih melalui media ini. Namun, tantangan seperti rendahnya literasi digital guru dan keterbatasan infrastruktur masih menjadi hambatan dalam implementasi optimal di sekolah dasar. Selain itu, variasi materi IPAS yang tersedia dalam media digital juga masih terbatas. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan media pembelajaran digital seperti Quickly-Edu tidak hanya ditentukan oleh kualitas teknisnya, tetapi juga oleh kesiapan guru, relevansi konten dengan kebutuhan lokal siswa, serta sinergi antar pemangku kepentingan pendidikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendorong berpikir kritis sejak dini. Oleh karena itu, pengembangan media seperti Quickly-Edu harus disertai pelatihan guru dan penyesuaian konten dengan konteks lokal. Studi ini merekomendasikan kolaborasi antara pendidik, pengembang media, dan peneliti untuk memastikan efektivitas penerapan media pembelajaran digital yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa sejak dini.
Referensi
Adisty, A. N., Evayenny, & Hasanah, N. (2021). Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Semnara 2021, 1–7. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id
Affandy, H., Aminah, N., S., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33.
Ananda, A. Z., & Sardi, A. (2025). Designing English Writing Worksheets Incorporating Islamic Moderation Values at an Islamic Senior High School in Palopo. Studies in English Language and Education (SiELE), 12(2), 915-931.
Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). 5(November), 626–632.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fatiah, A., Riyadi, R., & Daryanto, J. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.56158
Indiarti, C. L., Poerwanti, J. I. S., & Sularmi, S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(1). https://doi.org/10.20961/ddi.v10i1.61573
Novita Sari, D. H., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 7–12. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.48723
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769–2775.
Rachmawati, R. (2024). Pengenalan Metode Systematic Literature Review (SLR). Pelatihan Pemanfaatan Articifial Intelligence, 1–30. https://elsa.brin.go.id/akun
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
S, N. I. P., Idawati, I., & Nawir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 579–593. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1332
Sardi, A., Nanning, M., Firmansyah, J. N., Muchtar, J., & Jannah, M. Fostering Auditory English Proficiency through Cinematic Exposure.
Shalsabila, A., & Loviana, S. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis. Euclid, 11(1), 69–80.
Trisnawati, D., Hadi, M. S., Jakarta, M., Info, A., & History, A. (2025). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Abad 21 terhadap Pengembangan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. 8, 1889–1895.
Utami, R. P., Muksar, M., Rufiana, I. S., Studi, P., Dasar, P., & Malang, U. N. (2025). Studi Pendahuluan Kemampuan Awal Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 10(1), 117–123.
Wulandari, W. A., & Rayungsari, M. (2024). Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Peluang. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.896
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nadyah Pramudita Agustine, Wina Dwi Puspitasari, Indani Damayanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.