PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PHET COLORADO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.393Kata Kunci:
Berpikir Kritis, PhET Colorado, Problem Based LearningAbstrak
Studi ini memiliki tujuan supaya mengetahui sejauh mana implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning yang dipadukan dengan media PhET Colorado mampu memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Studi ini mengimplementasikan pendekatan kuantitatif berdesain quasi experiment yang membawa keterlibatan dua kelompok berbeda untuk dibandingkan hasilnya. Subjek penelitian mencakup dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan memakai model Problem Based Learning dengan Phet, serta kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Alat ukur pada studi ini berupa tes berpikir kritis yang diberikan sebelum (pretest) serta setelah (posttest) perlakuan. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa ada peningkatan keterampilan berpikir kritis secara signifikan pada kelompok eksperimen sesudah penerapan model pembelajaran. Nilai signifikansi peningkatan ini diperoleh melalui hasil uji Paired Sample t-test serta Independent Sample t-test. Nilai signifikansi uji t sebesar <0,001 < 0,05 yang menunjukan peningkatan yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi model Problem-Based Learning yang dipadukan dengan media PhET Colorado mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.
Referensi
Andriani Kumala Dewi, R., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Indramayu, P. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 1 Karangkerta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Arzeti, E. F., & Ismiyanti, Y. (2025). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sd Berbantuan Media Roda Putar Bangun Datar. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(1), 842.
Cahyadi Wibowo, D., Peri, M., Sairo Awang, I., Maro Rayo, K., & Persada Khatulistiwa Sintang, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Dwi Kurnio & Cahyaningsih. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Implementation Of Problem Based Learning Models To Improve Students Mathematical Understanding Of Mathematics Learning At Primary Schools. In The Original Research of Mathematics) (Vol. 5, Issue 1).
Irawati., et al. (2025). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5248
Fatihudin, D. (2020). Metodologi Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi.
Febrian, B., Rizki, S., Harjono, A., Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Kelas IV dengan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9025
Lestari, L., Maryati, I., Sundayana, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Kajian literatur: Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) pada kemampuan representasi matematis. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 58–70. https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1753
Listiyoningrum, W., Roshayanti, F., Widayati, L., & Zuhri, M. S. (2024a). Penggunaan Media Interaktif Phet Colorado dalam Pembelajaran Pecahan Kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1337
Nisa Rani, F., & Napitupulu, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education DI SMP Negeri 3 Stabat.
Provitasari, Wiryanto, & Mariana, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir. Elementary School, 12(1), 233–239.
Rahmasari, D., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Model Make A Match pada Topik Bangun Datar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7815–7821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3604
Salsabila. et al. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).
Saputra, H. (2020). KemampuanBerpikirKritis. Perpustakaan IAI Agus Salim. https://www.researchgate.net/publication/340934094
Zainudin, Z., Ruqoiyyah, S., Sucilestari, R., & Hidayati, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1029–1036. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2085
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Riska Nurfajriah, Ujiati Cahyaningsih, Dede Salim Nahdi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.