PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI FLUIDA

Penulis

  • Achmad Yachod Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Ernawati Saptaningrum Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i1.95

Kata Kunci:

E-module, Etnosains, Fluida

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas e-modul berbasis etnosains pada materi fisika fluida untuk kelas XI MIPA SMA/MA Semester gasal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan RnD dengan model Sugiyono yang terdiri dari tahapan potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan jumlah 22 siswa, 2 guru fisika di Ma An Nihdam Demak sebagai validator praktisi, dan 2 dosen Universitas PGRI Semarang sebagai validator ahli ahli bahan ajar. Hasil validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 79,4%, validasi ahli media diperoleh presentase sebesar 92,3%, hasil validasi praktisi diperoleh rata- rata presentase  94%   dan  respon  siswa diperoleh presentase sebesar 87,7%.  Hasil  penelitian menunjukan bahwa e-modul sudah memenuhi kriteria kualitas yang ditentukan, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisik.

Referensi

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Idrus, I., Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35-47.

Lestari, I., (2013), Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan, Padang, Akademia Permata.

Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84-92.

Nurnaifah, I. I., & Sakti, I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus di Kelas X Sman 2 Pinrang. Karst: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 5(1), 39 46.

Oemar Hamalik. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Perdana Putra, G., Abadi, R., & Prihamita, E. (2020). Fisika untuk SMA/MA. Intan Pariwara.

Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Yachod, A., Kurniawan, W., & Saptaningrum, E. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI FLUIDA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i1.95

Terbitan

Bagian

Artikel