ETNOFISIKA GERAK PADA KEGIATAN NAPENI BERAS DALAM PROSES PEMBERSIHAN LAS
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v2i2.70Kata Kunci:
Etnofisika, Gerak, Napeni BerasAbstrak
Napeni beras merupakan kegiatan mencari kualitas beras yang baik berdasarkan dari volume beras, serta membersihkan beras dari pengotornya, berupa las maupun remahan-remahan beras. Kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang telah dilakukan secara turun-temurun oleh orang Jawa, di Yogyakarta, di daerah lain kemungkinan ada kebudayaan serupa dengan nama yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis gerak pada proses napeni beras sebagai salah satu upaya dalam pelestarian budaya daerah berupa culture knowledge. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diketahui gerak beras karena ada gaya dorong pada tampah. Gerak beras tersebut adalah gerak vertikal ke atas dan gerak jatuh bebas. Hanya saja, terdapat beberapa hal yang mempengaruhi gerakan tersebut. diantaranya bentuk benda, volume benda, gaya gesek dengan udara dari beras dan las tersebut. Selain itu, gerakan yang terjadi juga dapat dalam bentuk gerak parabola.
Referensi
Afdalia, A., & Muhardi, M. (2022). Analisis Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Kemandirian Belajar. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 182-191.
Afifa J. I., Siregar, M., Agustin, R., Lubis, N. A., & Nurmansyitah. (2023). Kajian Konsep Fisika Berbasis Etnofisika Pada Alat Tradisional Sumatera Utara Panggilingan. GRAVITASI : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 6(1). https://ejurnalunsam.id/index.php/JPFS
Afkarina, D., & Sudarti. (2021). Analisis Konsep Fisika pada Permainan Tradisional Kerapan Kereweng sebagai Bahan Ajar Fisika. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 5(2), 48–54. https://doi.org/10.19109/jifp.v5i2.10209
Andy, P. (2013). Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal ELTEK, 11(1), 122–132.
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Sains (Sinasis 2), 2(1), 477–482.
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Sumarni, R. A. (2021). Identification of Rice Drying Culture " MOE " in Lebak as Ethnophysics-Based Learning Resource. Nucleus, 2(1), 33–38.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., Setiadi, I., & Zahra, R. A. (2022). Kajian Etnofisika Pada Tari Soya-soya Sebagai Sumber Ajar Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 333–338.
Lestari, N. (2023). Konsep Fisika pada Sumpit Dayak dari Kalimantan sebagai Bahan Ajar Berbasis Etnofisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 551–556.
Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 1(5), 65–76.
Nurmasyitah, N., Virnalita, V., & Lubis, N. A. (2022). Kajian Etnofisika Konsep Gerak Parabola Pada Permainan Tradisional Aceh “Geulengkue Teu Peu Poe.” JPF : Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 245. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5217
Nurnaifah, I. I., & Sakti, I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus di Kelas X Sman 2 Pinrang. Karst: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 5(1), 39-46.
Peter, R., & Simatupang, M. S. (2022). Keberagaman Bahasa dan Budaya Sebagai Kekayaan Bangsa Indonesia. Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 9(1), 96–105.
Purnomo, A., Hartono, R., Hartatik, H., Riasti, B. K., & Hidayah, I. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Info Lagu usantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 527 536. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.764
Putri, A. T., Noe, C. R. K. S., & M, R. A. (2022). Kajian Etnofisika Pada Tari Lilin Sebagai Media Pembelajaran Fisika. PASCAL : Journal of Physics and Science Learning, 06(1), 28–32.
Rosita, R., Sulaiman, A. Z., & Haruna, S. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 93-104.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sulaiman, S., Walid, A., & Taba, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 105-122.
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A CHAPTER REVIEW: SELECTING LANGUAGE FOR MATERIALS WRITING:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Suranny, L. E. (2014). Alat Pertanian Tradisional Sebagai Warisan Kekayaan Budaya Bangsa. Papua : Jurnal Penelitian Arkeolog, 6(1), 45–55. https://doi.org/10.24832/papua.v6i1.42
Suranny, L. E. (2015). Peralatan Dapur Tradisional Sebagai Warisan Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Papua : Jurnal Penelitian Arkeolog, 7(1), 47–62. https://doi.org/10.24832/papua.v7i1.37
Yuningsih, N., Sardjito, & Dewi, Y. C. (2022). Gaya Gesekan Udara Terhadap Benda yang Bergerak Vertikal Tanpa Kecepatan Awal. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4337%0Ahttps://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4337/2899
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fita Widiyatun, Neng Nenden Mulyaningsih, Didik Nur Huda, Siti Ayu Kumala, Febri Rismaningsih, Andri Suryana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.