ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BULUKUMBA

Penulis

  • Andi Alya Putri Saifuddin Universitas Negeri Makassar
  • Mutahharah Hasyim Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haris Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.439

Kata Kunci:

Keterampilan Proses Sains (KPS), Pendidikan Fisika, SMAN 2 Bulukumba, Statistik Deskriptif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik kelas XI SMAN 2 Bulukumba pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu keterampilan proses sains peserta didik. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMAN 2 Bulukumba yang berjumlah 87 orang. Indikator keterampilan proses sains yang diteliti meliputi mempertanyakan dan memprediksi, mengklasifikasi, menerapkan konsep, menganalisis data, mengevaluasi dan refleksi, serta mengkomunikasikan hasil. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik berada dalam kategori rendah, dimana 45 peserta didik berada dalam kategori rendah dengan persentase 52%. Untuk indikator mempertanyakan dan memprediksi secara ilmiah berada pada kategori sangat rendah dengan presentasi 12,26%, mengklasifikasi/pengelompokan berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 20,11%, menerapkan konsep berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 17,62%, menganalisis data berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 12,64%, mengevaluasi dan refleksi berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 13,03, serta mengkomunikasika hasil berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 21,84%. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik belum berkembang secara optimal dan diperlukan Upaya pembelajaran yang lebih aktif, reflektif, dan berbasis proses ilmiah untuk meningkatkannya.

 

Referensi

Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis Implementasi Keterampilan Proses Sains Di Indonesia Pada Pembelajaran Fisika: Literatur Review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 153–166.

Anggraini, D. T., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Swasta dengan Akreditasi A Di Kecamatan Sukarami dan Kemuning Palembang. Biology Teaching and Learning, 1(1).

Arikunto S, Suhardjono, Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aswar, M. A., Patandean, A. J., & Herman. (2019). Studi Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik SMAN Se-Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika.

Auliya, H., Jannah, R. K., & Budhi, H. S. (2023). Implementasi Eksperimen IPA Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

Barus, C. S. A., Bukit, N., & Jaya, G. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis. 6(2).

Biswal Biswajit Behera, S. (2023). Enhancing Science Process Skills through Inquiry - Based Learning: A Comprehensive Literature Review and Analysis. International Journal of Science and Research (IJSR), 12(8), 1583–1589.

Chen, D., Fitriani, R., Maryani, S., Setiya Rini, E. F., Putri, W. A., & Ramadhanti, A. (2020). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas VIII Pada Materi Cermin Cekung. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 50–55.

Nurhandayani, Aris, N. A., & Idris, I. I. N. (2025). Efektivitas Strategi Whole Brain Teaching dalam Mengoptimalisasi Hasil Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 58-67.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252.

Ernawati, M. D. W., Asrial, A., Perdana, R., Septi, S. E., Rohana, S., & Nawahdani, A. M. (2022). Evaluation of Students' Interest, Attitudes, and Science Process Skills in Science Subjects. Journal of Education Research and Evaluation.

Khaerunnisa. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rani, I. M., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2021). Analisis keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas X di Kecamatan Seberang Ulu I dan Kertapati Palembang. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 6(1), 45–53.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-10

Cara Mengutip

Saifuddin, A. A. P., Hasyim, M., & Haris, A. (2025). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BULUKUMBA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 4(2), 150–159. https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.439

Terbitan

Bagian

Artikel