KEMAMPUAN PENGINTEGRASIAN AGAMA DAN SAINS DARI DAMPAK PENGARUH HASIL BELAJAR FISIKA DAN ILMU FIQIH

Penulis

  • Herman Jufri Andi Universitas Islam Madura
  • Chairatul Umamah Universitas Islam Madura
  • Moh. Hidayatullah Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.418

Kata Kunci:

Agama dan Sains, Fiqih, Fisika, Hasil Belajar, Integrasi

Abstrak

Integrasi ilmu pengetahuan (sains) dan agama Islam memiliki sudut pandang yang berbeda dari semua sisi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan keselarasan antara keduanya yang harus dipertajam lagi agar tidak terjadi dikotomi pemamahan, karena keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan kemajuan bangsa. agama merupakan pedoman serta petunjuk melalui aturan di dalam kitab suci. Dalam ilmu pengetahuan (sains) yang berorientasi pada kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi hasil belajar fisika dan ilmu fiqih terhadap kemampuan pengintegrasian agama dan sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas X IPA-A yang sudah menerima materi ibadah haji pada mata pelajaran ilmu fiqih dan materi gerak lurus beraturan pada mata pelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ­­>  sehingga  diterima dan  ditolak. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar fisika dan ilmu fiqih terhadap kemampuan pengintegrasian agama dan sains dengan nilai rata-rata integrasi mencapai nilai 87,11. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai yang diperoleh sudah memenuhi syarat ketuntasan minimal.

Referensi

Adib, M. (2014). Relasi Antara Fiqh dan Sains di Era Modern: Sebuah Refleksi Epistemologis. Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 2(1). https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v2i1.1403

Anggereni, S., Rasyid, Muh. R., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik. Al asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11253

Arifudin, I. (2016). Integrasi Sains dan Agama serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam.

Bahri, M. F. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran PAI Di SMA. 08.

Effendi, E., & Nuryana, N. (2020). Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Subulussalam 2 OKU Timur. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 4(1), 41–45. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.543

Faizin, F. (2017). Integrasi Agama dan Sains dalam Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI. Jurnal Ushuluddin, 25(1), 19. https://doi.org/10.24014/jush.v25i1.2560

Kusuma, H. H. (2016). Korelasi Hasil Belajar Fisika Dasar dan Tafsir Terhadap Kemamapuan Integrasi Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Walisongo Semester VII Tahun. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.90

Muhyiddin, A. (2016). Wawasan Dakwah Islam: Integrasi Sains dan Agama. 15.

Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. 2.

Saripudin, P. (2018). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan. 2(2).

Sirajudin, S., Mujib, A., & Abzar, M. (2024). Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Fisika. JURNAL ILMU PENDIDIKAN & SOSIAL (SINOVA), 2(01), 01–14. https://doi.org/10.71382/sinova.v2i01.61

Siregar, H. I. (2024). Integrasi Agama dan Sains pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Yunus, M. (1970). Integrasi Agama dan Sains: Merespon Kelesuan Tradisi Ilmiah Di PTAI. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 284–313. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.717

Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-04 — Diperbaharui pada 2025-08-05

Cara Mengutip

Andi, H. J., Umamah, C., & Hidayatullah, M. . (2025). KEMAMPUAN PENGINTEGRASIAN AGAMA DAN SAINS DARI DAMPAK PENGARUH HASIL BELAJAR FISIKA DAN ILMU FIQIH. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i2.418

Terbitan

Bagian

Artikel