Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning

Penulis

  • Ahmed Sardi STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang
  • Palimari Palimari SD Negeri 80 Pinrang
  • Sitti Rahmayani STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.31

Kata Kunci:

Challenge Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa  kelas X IPA.2 MAN Pinrang yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, prosedur kerja setiap siklus berlangsung 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) penggunaan model pembelajaran CBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ditandai dengan meningkatnya rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 65,97 meningkat menjadi 75,84 di siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa merupakan salah satu indikator yang dapat terlihat untuk menentukan keberhasilan proses belajar siswa. (ii) terjadinya peningkatan presentase aktivitas siswa dari siklus I yaitu 61,18% meningkat menjadi 84,21% di siklus II, menunjukkan bahwa siswa memiliki perhatian besar dan melakukan aktivitas sesuai dengan komponen aktivitas khususnya dalam pembelajaran fisika yang menerapkan metode pembelajaran CBL. (iii) terjadinya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran CBL. Selain itu, keberhasilan siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal juga didukung oleh semua aktivitas siswa.

Referensi

Ali, M.S. 2002. Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa faktor Psikologis. Disertasi. IKIP Jakarta.

Anom.2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global. Makalah. Disampaikan pada seminar dalam rangka HUT ke-36 Jurusan Fisika STKIP Singaraja pada 1 hari Minggu 5 Nopember 2017

Arends, R. 2008. Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar). Edisi Ketujuh, Buku II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Basil Belajar Siswa Sekolak Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi.UNM.

Azwar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi. Y ogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Kependidikan Dasar dan Menengah , Standar isi, Standar Kelulusan. Jakarta.

Citrawathi, D.M. dan I N. Kariasa.2004. Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Perkuliahan Gizi dan Kesehatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Mahasiswa. Laporan Hasil Penelitian Tidak Diterbitkan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Cooperstein, S. E., & Weidinger, E.K. 2004. Beyond Active Learning: A Constructivist Approach to Learning. Emerald Research Journal (Online), Vol. 3 No. 2, (http://www.emeraldinsight.com/0090-7324.htm, Diakses 12 Oktober 2017).

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Dryden. Gordon. 2002. Revolusi Cara Belajar. Cet. K.e-3. Bandung: Kaifa.

Dwiverani, Y., Fatmawati, Damri. 2013. Efektifitas Pendekatan Kontruktivisme untuk Meningkatkan Pemahaman Sifat Benda Pada Mata Pelajaran Fisika Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Online), Vol. 2, No. 3. Hal:280-290. (http://ejournal.unp.ac.id/index. php/jupekhu, Diakses 12 Oktober 2017).

Fitrihidajati, H., Susantini, E., Indah, N. K. 2010. Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di SMA Sejahtera Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Fisika Pendidikan Fisika FKIP Universitas Negeri Surabaya. Hal: 487-493.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2006. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Idrus, Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.4

Koyan, I Wayan. 2004. Konsep Dasar dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar.Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sardi, A., & Mujahidah, M. (2020). Could I Be Illogical?(Cibi Guide) For Non-Native Speaker.

Setiono, A. 2007. Berpikir Kritis, (Online), (http://agustinussetiono.wordpress. com.berpikir-kritis.html. diakses 25 Oktober 2017).

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Udin, S.W. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Depdikbud: Jakarta.

Wojowasito. 1982. Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia – Indonesia Inggris. Malang: Delta Citra Grafindo.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68–83. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.31

Terbitan

Bagian

Artikel