KARAKTERISTIK KEMAMPUAN KINERJA SISWA DALAM PRAKTIKUM PADA MATERI GETARAN HARMONIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v4i1.132Kata Kunci:
Getaran Harmonik, Karakteristik, Penilaian Kinerja PraktikumAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kinerja siswa dalam praktikum pada materi getaran harmonic. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sample sebanyak 68 siswa kelas X . Instrument penilaian yang digunakan menunjukkan tingkat kelayakan instrumen memperoleh kohen kappa sebesar 1,00 dengan kategori sangat memuaskan (excellent). Hasil reliabilitas pada hasil kinerja siswa di peroleh pada kelas pertama sebesar 0,875 dan pada kelas kedua sebesar 0,857 dalam kategori reliabilitas bagus. Data yang dianalisis menggunakan analisis validasi cohen kappa dan uji reliabilitas. Kemampuan kinerja yang digunakan dalam penelitian ini meliputi persiapan kegiatan praktikum berupa merencanakan kegiatan, mempersiapkan alat dan bahan, dan memperhatikan keselamatan kerja, pada pelaksanaan kegiatan praktikum dilakukan berupa merangkai alat dan bahan, melakukan pengamatan, mencatat data hasil pengamatan dan menganalisis data, pada kegiatan mengakhiri kegiatan praktikum dilakukan penilaian berupa kedisiplinan dalam kegiatan praktikum, membereskan alat, bahan dan tempat setelah kegiatan, laporan praktikum. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase, hasilnya menunjukkan bahwa semua tahap kegiatan praktikum di atas 90% berada pada ketegori baik.
Referensi
Airasian W.P. (1991). Classroom Assessment. New York: McGraw-Hill.Inc.
Almuflichan, M. R. dan Tjalla, A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa Pada Praktikum Fisika Getaran Di Smp. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 95–106.
Ardli, I,. Ade, G. A., Mujdalipah, S., dan Ana. (2003). Perangkat Penilaian Kinerja Untuk Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan. FPTK UPI Bandung.
Hayton, G. dan Wagner, Z. (1998). Performance assessment in vocational education and training. Vocational Education Research, 6(1), 69–85.
Hendriana dan Soemarno. (2014). Penilaian Pembelajaran matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Herdiana, D. (2008). Implementasi penilaian kinerja (performance assesment) dalam meningkatkan aplikasi pengetahuan fisika. Skripsi sarjana strata 1 pada FPMIPA UPI Bandung
Jusriana, A., Suarga, S., Wahyuni, S., Nurnaifah, I. I., & Suarti, S. (2024). Application of Virtual Practicum Media Based on Everycircuit in Discovery Learning in Basic Electronics Course Students Physics Education Program Class of 2022. Journal of Teaching and Physics, 9(2), 77-85.
McHugh, M. L. (2012). Interrater Reliability: The Kappa Statistic. Journal Biochemia Medica. 276-282.
Napitupulu, D. (2014). studi validitas dan realibilitas faktor sukses implementasi e-government berdasarkan pendekatan kappa. Journal of Information Systems, 10(2), 71–77.
Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 62–68.
Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84-92.
Rustaman, N. Y. (2002). Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tiggi. Bandung: UPI.
Sani, R. A. (2022). metodologi penelitian pendidikan. kencana. Jakarta
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Selvi, E. Yelianti, U. Anggereini, E. (2018). Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi . 1–13
Siswono, T. Y. E. (2018). Mendorong berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Konferensi nasional matematika XII, 2, 74-87.
Subri (2014) ‘Teori Belajar Perspektif Pendidikan Islam’, Qathruna, 1(1), pp. 145–178.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novita Rahmadani, Wawan Bunawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.