PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS LABORATORIUM PADA SISWA SMP NEGERI 36 MAKASSAR

Penulis

  • Roslina Yayasan "SARI" Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.121

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik, LKPD Fisika Berbasis Laboratorium

Abstrak

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu media pembelajaran alternatif yang tepat bagi peserta didik karena LKPD membantu peserta didik untuk mengubah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. LKPD yang digunakan di sekolah salah satunya tidak dilengkapi dengan langkah-langkah praktikum yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan LKPD Fisika Berbasis Laboratorium pada Siswa SMP Negeri 36 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan adalah meteode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Penelitian pengembangan model 4-D yang dimaksud adalah penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan LKPD berbasis laboratorium. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja. Sedangkan pada tahap penyebaran (Disseminate) tidak dilakukan. Hasil analisis tanggapan peserta didik adalah 91,58 % yang berarti respon sangat kuat, yang dapat diartikan bahwa penggunaan LKPD berbasis laboratorium diterima oleh peserta didik. Respon praktisi terhadap pengembangan Lembar LKPD Fisika Berbasis Laboratorium untuk keenam aspek menunjukkan presepsi baik karena interpretasi dari hasil penilaian berada pada interpretasi “Kuat”, artinya guru mata pelajaran IPA dapat menggunakan dan menerima LKPD tersebut untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan respon peserta didik dalam menggunakan LKPD Fisika berbasis laboratorium berada pada kategori “sangat kuat” hal ini menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon yang baik.

Referensi

Arsyad, A. 2012. Media Pembelajarann. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Badawi, Khaerul dkk. 2011. Pengantar Laboratorium Pengenalan Alat dan Bahan Laboratorium. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang: Malang

Herman. 2015. Pengembangan LKPD Tekanan Hidrostatik Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Fisika Universitas Negeri Makassar (UNM). (Online). Diakses 25 Mei 2017.

Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maulana. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Usaha dan Energi pada Kelas XI SMA/MA. Jurnal Fisika Universitas Islam Sunan Kalijaga. (online). Diakses 25 Mei 2017.

Nusa Putra, 2011. Research & Development. Jakarta: PT Raja

Nyeneng,I Dewa Putu. 2011. Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA. Bandar lampung : Universitas Lampung.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Restuati, dkk. 2011. Teknik Laboratorium. Medan: FMIPA UNIMED

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tawil & Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IP. Makassar. UNM: Makassar

Tawil. 2011. Model Pembelajaran Sains. Makassar. UNM: Makassar

Team teaching. 2011. Biologi Umum 1. Medan : FMIPA UNIMED

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widoyoko Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yamin, M. 2012. Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Rosita, Suhardiman, L. L. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(Desember), 1175–1183. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.771

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Roslina. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS LABORATORIUM PADA SISWA SMP NEGERI 36 MAKASSAR. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 3(2), 76–92. https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.121

Terbitan

Bagian

Artikel