PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS LABORATORIUM PADA SISWA SMP NEGERI 36 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i2.121Kata Kunci:
Lembar Kerja Peserta Didik, LKPD Fisika Berbasis LaboratoriumAbstrak
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu media pembelajaran alternatif yang tepat bagi peserta didik karena LKPD membantu peserta didik untuk mengubah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. LKPD yang digunakan di sekolah salah satunya tidak dilengkapi dengan langkah-langkah praktikum yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan LKPD Fisika Berbasis Laboratorium pada Siswa SMP Negeri 36 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan adalah meteode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Penelitian pengembangan model 4-D yang dimaksud adalah penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan LKPD berbasis laboratorium. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja. Sedangkan pada tahap penyebaran (Disseminate) tidak dilakukan. Hasil analisis tanggapan peserta didik adalah 91,58 % yang berarti respon sangat kuat, yang dapat diartikan bahwa penggunaan LKPD berbasis laboratorium diterima oleh peserta didik. Respon praktisi terhadap pengembangan Lembar LKPD Fisika Berbasis Laboratorium untuk keenam aspek menunjukkan presepsi baik karena interpretasi dari hasil penilaian berada pada interpretasi “Kuat”, artinya guru mata pelajaran IPA dapat menggunakan dan menerima LKPD tersebut untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan respon peserta didik dalam menggunakan LKPD Fisika berbasis laboratorium berada pada kategori “sangat kuat” hal ini menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon yang baik.
Referensi
Arsyad, A. 2012. Media Pembelajarann. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Badawi, Khaerul dkk. 2011. Pengantar Laboratorium Pengenalan Alat dan Bahan Laboratorium. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang: Malang
Herman. 2015. Pengembangan LKPD Tekanan Hidrostatik Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Fisika Universitas Negeri Makassar (UNM). (Online). Diakses 25 Mei 2017.
Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maulana. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Usaha dan Energi pada Kelas XI SMA/MA. Jurnal Fisika Universitas Islam Sunan Kalijaga. (online). Diakses 25 Mei 2017.
Nusa Putra, 2011. Research & Development. Jakarta: PT Raja
Nyeneng,I Dewa Putu. 2011. Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA. Bandar lampung : Universitas Lampung.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Restuati, dkk. 2011. Teknik Laboratorium. Medan: FMIPA UNIMED
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tawil & Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IP. Makassar. UNM: Makassar
Tawil. 2011. Model Pembelajaran Sains. Makassar. UNM: Makassar
Team teaching. 2011. Biologi Umum 1. Medan : FMIPA UNIMED
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Widoyoko Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yamin, M. 2012. Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Rosita, Suhardiman, L. L. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(Desember), 1175–1183. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.771
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Roslina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.