UTILITAS PLATFORM DIGITAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MAN PINRANG DI MASA ENDEMI
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i1.104Kata Kunci:
Masa Endemi, Pembelajaran Fisika, Utilitas Platform DigitalAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemanfaatan Platform digital dalam pembelajaran Fisika dan menyelidiki Platform digital yang digunakan oleh guru dan siswa kelas X MAN Pinrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara. Pengambilan data dilakukan pada dua guru Fisika MAN Pinrang dan sepuluh siswa kelas X MAN Pinrang. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Miles dan Huberman terhadap data kualitatif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil studi ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat tiga hal utama. Yang pertama adalah terkait aktivitas pembelajaran dengan pemanfaatan Platform digital pada pembelajaran daring mata pelajaran Fisika. Pada kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan penutup; para guru dan siswa menggunakan tiga platform inti yaitu Whatsapp, LMS MAN Pinrang, dan PETH. Yang kedua adalah aplikasi atau Platform dalam pembelajaran Fisika ini adalah open source atau aplikasi/web yang dapat dikunjungi secara gratis dan mudah melalui hasil unduhan maupun di laman web masing-masin. Terakhir adalah terkait impresi atau pengalaman pembelajaran Fisika di MAN Pinrang. Trend positif ditemukan dalam studi ini karena para guru dan siswa merasa senang dan terbantu dengan pengadaan LMS elearning MAN Pinrang beserta bantuan aplikasi PHET dan sosial media dari Whatsapp.
Referensi
Andriani, F., Harso, A., & Rahmawati, A. (2021). Pembelajaran fisika di sma negeri 1 kuwus golowelu selama masa pandemi covid-19. Karst : jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 4(2), 91-99. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1065
Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/JTP2002.5
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937.
Burhan Nudin, Masa Depan Pendidikan di Era New Normal, diakses pada https://islamic-education.uii.ac.id/masa-depan-pendidikan-di-era-new-normal/, 9 Juni 2022 Pukul 01.00.
Dera Sulastri, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun. (2021). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Online selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar.
Idrus, I., Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35-47.Pdf.
Muhamad Hasbi Assidiqi, Woro Sumarni, Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19: Seminar Nasional Pascasarjana 2020, Universitas Negeri Semarang.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
Mutiara Oktavia, Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi Semua Orang Harus Jadi Guru, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol.3 No.2 2021, h.123
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2018). Investigating The Impact Of Learner Characteristics On Blended Learning Among Japanese Students. Proceedings Of The International Conference On E-Learning, Icel, 2006-January(3), 361–370.
Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Siti Rosmayati, Arman Maulana (2021). Dampak Pembelajaran Di Era New Normal Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Indonesia (Teori, Penelitian dan Inovasi): JPI, Vol. 1, No. 2, September 2021.Pdf.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
WikiElektronika (2022), Pengertian dan Contoh Platform, Diakses di https://wikielektronika.com/platform-adalah/?page=all pada 30 Juni 2022 pukul 18:34.
Yuniar Ekawati, Abdul Haris, Hj.Dara Bunga Amin, Penerapan Media Simulasi menggunakan PhET (Physics Education and Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas x SMA Muhammadiyah Limbung, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 2015.
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19: Immediate Responses and Long-Term Visions.rceptive actions in sport (Doctoral dissertation, The University of New South Wales, Sydney, Australia). Retrieved from http://handle.unsw.edu.au/1959.4/4470
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Megastin Massang Lumembang, Tesia Bandari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.