PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SETTING KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.51Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Realistik Setting KooperatifAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran realistik setting kooperatif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII2 SMP Negeri 3 Patampanua Kabupaten Pinrang. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Untuk hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Sedangkan hasil observasi siswa dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitan ini menunjakkan bahwa dalam 2 siklus perubahan-perubahan yang terjadi atas siswa dapat dikemukakan yaitu 1) penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik setting kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII2 SMP Negeri 3 Patampanua. 2) Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan, yang meliputi rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I adalah 20,51 dalam kategori sangat rendah dengan standar deviasi 21,187 dan variansi sebesar 448,906. Sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 55,98 dalam kategori sedang dengan standar deviasi 16,89 dan variansi sebesar 285,274. Persentase siswa yang mencapai skor ketuntasan minimal 75 adalah 9,76% atau 4 dari 41 siswa pada siklus I, dan 41,46% atau 17 dari 41 siswa pada siklus II.
Referensi
Ahmad, A. K. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1193-1202.
Almanshur Fauzan dan Ghony Djunaidi. 2012 Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Anggriani, S. (2022). PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 42-57.
Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Qiara Media.
Emzir, 2014 Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif , (Jakarta: Rajawali Pers,)
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Jumrah, & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–51.
Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.
Nana Syaodih Sukmadinata, (2013). Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, pasal 11 ayat (1). Ada nomor 6 tahun 2018
Razzaq, A., & Nurnaifah, I. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 24-37.
Republik Indonesia “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada Bab V Tugas, Hak dan Kewajiban, pasal 12 (Jakarta: 2005)
Republik Indonesia, “Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” bab 1 pasal 6 (Jakarta: 2003)
Riduwan, 2012 Pengantar Statistik Sosial (Cet. III; Bandung: Alfabeta)
Rustina Sundayana, 2014 Statistik Penelitian Pendidikan (Cet. 1; Bandung: Alfabeta). Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). Perbedaan jenis diksi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam interaksi kelas. International Journal Of Science and Research (IJSR) , 6 (3), 1061-1066.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). Perbedaan jenis diksi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam interaksi kelas. International Journal Of Science and Research (IJSR) , 6 (3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Setiyati, Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru (Online: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Sidik Purwoko, 2018 Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK, Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 6, no 2.
Soendari, T. 2012. Pengujian keabsahan data penelitian kualitatif. (Bandung: Jurusan PLB Fakulitas Ilmu PendidikanUniversitas Pendidikan Indonesia).
Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162-178.
Suharismi Arikunto, 2010 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta)
Sutikno, Sobry, 2012 Manajemen Pendidikan (Lombok: Holistica)
Toto Ujiarto, dkk., 2017 Effect of the School Principal/s Management, Academic Supervision, Organzi ational Culture, and WorkMotivation to the Teacher's Professionalism, Educational Developmant, 5 no.3
Wiratna Sujarweni, 2014 Metode Penelitian,(Yogyakarta: Pustaka Baru Pers).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nidya Nina Ichiana, Azwan Anwar, Sitti Rahmayani, Abdul Razzaq

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.