ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Penulis

  • Alexandra Yola Handayani Universitas PGRI Pontianak
  • Jamilah Universitas PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.491

Kata Kunci:

Aljabar, Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pontianak dalam dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aljabar dan self-efficacy siswa berdasarkan tingkat tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dikonstruksi menggunakan paradigma deskriptif-kualitatif dengan strategi studi kasus. Sampel dalam penelitian ini,  yaitu kelas VII A SMP Negeri 2 Kota Pontianak sebanyak 3 orang siswa berdasarkan kategori yang sudah ditentukan, yaitu tinggi, sedang dan rendah yang dipilih berdasarkan hasil angket self-efficacy. Teknik  sampel  yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik dalam semua indikator dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi pula. Siswa dengan self-efficacy sedang menunjukkan hasil yang beragam dalam tiap indikator, secara keseluruhan hanya memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. Siswa dengan self-efficacy rendah mengalami kesulitan hampir di semua indikator, terutama pada indikator merencanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Temuan ini menunjukkan pentingnya dapat melakukan eksperimen dengan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti pembelajaran berbasis masalah atau kolaboratif, yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa.

Referensi

Afifah, S. N. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 313-320.

Bernard, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 77-83.

Fitriani, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JTMT: Journal Tadris Matematika, 14-19.

Ismit, N. &. (2023). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Media Bina Ilmiah, 1935-1942.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal pendidikan tambusai, 777-785.

Mahfiroh, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Spltv Ditinjau Dari Multiple Intelligences Peserta Didik Kelas X MIPA SMAS Diponegoro Tumpang Tahun Pelajaran 2020/2021. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 33-43.

Mariam, S. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 178-186.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 202-224.

Rahmawati, A. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-efficacy. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 79-90.

Rumiati, L. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Self-efficacy. Jurnal Jendela Pendidikan, 407-416.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3078-3086.

Siwi, N. I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-effcacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 836-841.

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 64-68.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 148-158.

Syahril, R. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau Dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 78-90.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-05

Cara Mengutip

Handayani, A. Y., Jamilah, & Marhadi Saputro. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI SELF-EFFICACY . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 5(1), 76–90. https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.491

Terbitan

Bagian

Artikel