ANALISIS KEMAMPUAN TRANSLASI REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KOVARIASIONAL PADA MATERI STATISTIKA

Penulis

  • Radina Faradita Universitas PGRI Pontianak
  • Sandie Universitas PGRI Pontianak
  • Jamilah Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.409

Kata Kunci:

Masalah Kovariasional, Statistika, Translasi Representasi

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji penguasaan siswa terhadap mengalihkan bentuk representasi guna menyelesaikan masalah kovariasional pada materi statistika. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika yang disajikan dalam berbagai bentuk representasi seperti tabel, grafik, verbal, dan simbol. Penelitian ini dikonstruksi menggunakan paradigma deskriptif-kualitatif dengan strategi studi kasus sebagai landasan eksplorasi data. Subjek penelitian terdiri dari sembilan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Sungai Kakap yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan translasi representasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis berdasarkan empat indikator kemampuan translasi representasi, yaitu membongkar sumber, koordinasi awal, mengonstruksi target, dan menentukan kesetaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu melakukan seluruh proses translasi representasi dengan baik dan akurat. Siswa dengan kemampuan sedang mampu menyelesaikan proses translasi dengan beberapa kesalahan pada tahap koordinasi atau kesetaraan. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan hampir di semua indikator, terutama pada tahap mengonstruksi target dan menentukan kesetaraan. Temuan ini menunjukkan pentingnya pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai bentuk representasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Referensi

Apriliyani, S. W., Hartati, L., & Rahmatulloh, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, E. P. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100

Awi, Nasrullah, & Wahyuni, I. (2021). Kemampuan Translasi Antar Representasi MatematikaSiswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(2), 136–142. https://doi.org/10.35580/imed23846

Bosse, M. J., Adu-Gyamfi, K., & Chandler, K. (2014). Students ’ Differentiated Translation Processes. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 828, 1–28. https://scholar.google.gr/scholar?q=Bossé,+Adu-Gyamfi,+%26+Chandler,+2014&hl=el&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Creswell, J. W. (2015). Desearch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

García-Teutli, U., & Juárez-López, J. A. (2024). An exploratory study of spontaneous representations of covariational reasoning in middle school students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 19(2). https://doi.org/10.29333/iejme/14386

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289

Maslahah, N., Masykur, R., & Andriyani, S. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Dengan Media Interaktif : Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Silogisme, 7(1), 29–37.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Nurhadijah, Juniati, D., & Rahadjeng, B. (2023). Penalaran Kovariasional Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kovariasi ditinjau dari Gaya Kognitif Field-dependent dan Field-independent. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.25139/smj.v11i2.6239

Pratiwi, H. E. D., As’ari, A. R., & Permadi, H. (2023). Proses Translasi Representasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Realistik Statistika Sebagai Kemampuan Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1883. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6605

Putri, R. S. P., Hakim, L. El, & Hidajat, F. A. (2023). Analisis Proses Translasi Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 611–622. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2255

Rahmah, A. F. N., Fauziyah, N., & Suryanti, S. (2024). Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1066–1073. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3894

Rahmawati, D., & Anwar, R. B. (2017). Translasi Representasi Matematis Verbal Ke Grafik Pada Materi Fungsi. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 557–563.

Sandie, & Susiaty, U. D. (2020). Student’s Covariational Reasoning in Solving Covariational Problems of Dynamic Events. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 375–383. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.2092

Sarassanti, Y. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 60. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2311

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfebata.

Widiani, Y., & Ferolina, N. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2309

Zulianto, R., & Budiarto, M. T. (2020). Kemampuan Translasi Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 313. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6442

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-02

Cara Mengutip

Faradita, R., Sandie, & Jamilah. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN TRANSLASI REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KOVARIASIONAL PADA MATERI STATISTIKA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 614–629. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.409

Terbitan

Bagian

Artikel