ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS TEOREMA PYTHAGORAS
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.366Kata Kunci:
Analisis, HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Langkah Polya, Teorema PythagorasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 10 Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS, terutama dalam menerapkan Teorema Pythagoras secara logis dan sistematis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari sembilan siswa yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara semi terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu melalui seluruh tahap pemecahan masalah dengan baik, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah masih mengalami berbagai kesulitan, khususnya pada tahap memahami dan merencanakan. Hambatan yang umum ditemukan meliputi kurangnya pemahaman konsep, kesalahan dalam perhitungan, dan tidak menuliskan kesimpulan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penerapan soal HOTS secara lebih rutin dan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Referensi
Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.
Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.
Cici, m. K., dimpudus, a., & watulingas, j. R. (2021). Analysis of eighth grade students’ ability to solve higher order thinking skill (hots) mathematics problems.
Imroatun, s. (2014). Strategi pemecahan masalah matematika siswa kelas vii smp kristen 2 salatiga ditinjau dari langkah polya.
Irmawati, r., rahayu, a., & ratnasari, s. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (hots). 1.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Pengaruh self-confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89-95.
Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).
Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515-525.
Jusmawati, J., Satriawati, S., Akhiruddin, A., Rahman, A., Arsyad, N., & Irman, R. (2021). Developing mathematics learning devices based on creative problem solving model in elementary school. Linguistics and Culture Review, 5(1), 406-421.
Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. R. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas VIII A SMP Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84-92.
Rosita, R., Jumrah, J., Rahmayani, S., & Hamdana, H. (2024). Transformasi digital dalam pendidikan: Pelatihan tools AI untuk mendukung pengajaran dan administrasi guru. Room of Civil Society Development, 3(6), 235-246.
Sidiq, u., & choiri. (2019). Metode kualitatif di bidang pendidikan (cetakan 1). Https://repository.iainponorogo.ac.id/484/
Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.
Trisnowali, A., & Alimuddin, H. (2020). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. ALFAmath: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22-35.
Yuliana, H. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking skill (hots) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep (Doctoral dissertation, U).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irma Rindiani, Jamilah, Nurmaningsih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.