EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN

Penulis

  • Bella Puspita Sari Universitas Slamet Riyadi
  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi
  • Oka Irmade Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.420

Kata Kunci:

Kemampuan Berhitung Perkalian, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas III di SDN 01 Bolon Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini melalui metode pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini ada 31 peserta didik kelas III di SDN 01 Bolon menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menujukkan skor rata-rata pretest sebesar 54,84, sedangkan skor posttest adalah 84,23, yang menujukkan peningkatan kemampuan berhitung perkalian. Uji paired sample t-test menghasilkan thitung = 23,686 > ttabel = 2.042 pada tingkat signifikansi 5%, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Ini berarti ada perbedaan dalam kemampuan berhitung perkalian sebelum dan sesudah model jigsaw diterapkan. N-Gain sebesar 66,96% menunjukkan efektivitas dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam kategori cukup untuk kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III di SDN 01 Bolon Tahun Ajaran 2024/2025.

Referensi

Arrasyid, H., Wapa, A., & Pratiw, D. M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperstif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 153–158.

Ellyanti, Riswari, L. A., & Santoso. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Melalui Bimbingan Belajar. JANACITA: Journal of Primary and Children’s Education, 5(2), 20–29. http://journal.unw.ac.id/index/php/janacita

Fikriyah, S., Linguistika, Y., & Roebyanto, G. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1093–1109. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1093-1109

Lubis, L. A., & Gultom, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Pecahan di SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Journal on Education, 06(01), 6549–6555. http://jonedu.org/index.php/joe

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2022). The Effect of Microsoft Whiteboard-Assisted Environmental Mathematics towards Environmental Care Attitudes of Pre-Service Elementary School Teachers. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 486–495. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp486-495

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua). Depok: Rajawali Pers.

Safari, Y., & Rahmalia, S. M. (2024). Pentingnya Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9847–9855.

Safitri, A. D., Hariyanti, Y., & Kusuma, R. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di UPTD SDN Landak 1 Tanah Merah. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(3), 93–103.

Sahrunayanti, Dema, M., & Wahyuningsih. (2023). Pemanfaatan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(2), 433–446. https://doi.org/10.54082/jupin.182

Siallagan, E., Silaban, P. J., Simorangkir, F., Sipayung, R., & Juliana. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD NEGERI 064022 Medan Tuntungan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 04, 49.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjutak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Siregar, A., Rahmayani, Z., Safira, N., Rahmah, A., Rahmaida, & Putri Ritonga, H. (2023). Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian Pada Operasi Bilangan Bulat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 2, 6248–6259. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Sukirman. (2016). Matematika Untuk Guru dan Calon Guru Pendidikan Dasar (BUKU 1) (Pertama). Yogyakarta: UNY Press.

Sutrisna, A. A., Ruswandi, D. N. A., Tambunan, P. S., & Khairunnisa, M. (2024). Analisis Permasalahan Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Journal on Educatio, 06(04), 20828–20834. http://jonedu.org/index.php/joe

Syarqawi, A., & Nasution, T. (2024). Permasalahan Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Serta Solusi Pemecahannya. ELEMENTARY: JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 1(1), 1. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jppsd/

Yantoro, Hayati, S., & Herawati, N. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 189–194.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-29

Cara Mengutip

Sari, B. P., Prihastari, E. B., & Irmade, O. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 533–541. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.420

Terbitan

Bagian

Artikel