ANALISIS METODE STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOAL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.379Kata Kunci:
Metode Storytelling, Pembagian, Pembelajaran Matematika, PerkalianAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian soal perkalian dan pembagian pada pembelajaran matematika kelas III SDN Gandekan Surakarta. Metode penelitian dikenakan ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan jika penerapan metode storytelling berpengaruh positif pada peningkatan pemahaman peserta didik. Perihal ini diperlihatkan dengan meningkatnya rata-rata nilai peserta didik dari 65 menjadi 85 setelah penerapan metode tersebut. Selain itu, peserta didik menunjukkan peningkatan partisipasi aktif, keberanian dalam bertanya, serta antusiasme yang lebih tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Storytelling mampu menghubungkan konsep-konsep abstrak matematika dengan pengalaman nyata peserta didik melalui cerita yang kontekstual dan menarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti perbedaan kemampuan peserta didik dan kompleksitas dalam penyampaian cerita, hasil penelitian menunjukkan jika metode ini efektif guna meningkatkan kemampuan konseptual serta prosedural peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode storytelling secara berkelanjutan dan adaptif sesuai karakteristik peserta didik guna meningkatkan mutu pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Referensi
Andriana, E., Rokmanah, S., & Lingga Luthfika, A. (2023). 400 Analisis Pembentukan Karakter Bernalar Kritis Melalui Metode Bercerita Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2477–2143.
Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9780
Hayati M, Nurmawati I, & Makki M. (2023). Model Problem Based Learning Dalam MeningkatkanKemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Vol.9, No.(4), 2036–2042. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5795
Karyadi, A. C. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 4(2), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.6800
Maknun, L., & Adelia, F. (2023). Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 34–41. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1283
Mustikowati, D., Wijayanti, E., & Darmanto, J. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 39. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5
Ningsih, M. V., Handayani, S., & Handini, O. (2022). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Paired Story Telling dalam Keterampilan Bercerita Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas 3 SD Kanisius Karang Bangun. Journal on Education, 5(1), 1116–1121. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.666
Norhayati, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Dengan Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas Iii Sdn Tanjung Batu Kec. Kelumpang Tengah Kab. Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 192–200. https://doi.org/10.33659/cip.v8i2.173
Nurwida, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Tellyng Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 20(2), 4.
Puspita Sari, V. D. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7718
Rifanti, V. N., Nasaruddin, N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SD IT Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121–136. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/97
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sutoyo, & Trisiana, A. (2020). Innovation of Development of the Contextual and Value Clarification Technique (Cvct) in Learning Citizenship Education in Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(2), 844–853. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8293
Tauhid, K., Guru, P., Dasar, S., & Bogor, U. D. (2025). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Akidah Akhlak dan Kesulitan Peserta Didik Dalam Konsep Perkalian, Pembagian Matematika Serta Strategi Peningkatannya. Karimah Tauhid, 4(6), 3518–3536.
Trisiana, A. (2019). Innovation design development of citizenship education model on characters of indonesian communities in digital media era and technology revolution. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 9), 322–328. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1074.0982S919
Trisiana, A., Priyanto, A., & Sutoyo. (2024). An Analysis of the development anti-corruption education in Indonesia through media-based citizenship education using smart mobile civic learning. Cakrawala Pendidikan, 43(1), 166–175. https://doi.org/10.21831/cp.v43i1.60261
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Haming Alegrait, Anita Trisiana, Oka Irmade

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.