ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL HOTS PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.376Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Operasi Hitung Pecahan, Sekolah Dasar, Soal HOTS, TKBKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan soal cerita matematika tipe higher order thinking skills (hots) pada materi operasi hitung pecahan di kelas V SD Negeri Slembaran Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas V, guru kelas V, dan orang tua/wali peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa terbagi ke dalam tiga kategori Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis (TKBK), yaitu sangat kritis (TKBK 4), cukup kritis (TKBK 3), dan kurang kritis (TKBK 1), berdasarkan indikator berpikir kritis Ennis dan hasil tes tertulis. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis meliputi: kemampuan dasar matematika yang belum merata, perkembangan intelektual yang beragam, motivasi belajar yang rendah, kurangnya evaluasi mandiri, dan minimnya penguasaan strategi penyelesaian masalah. (3) Strategi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis meliputi penerapan soal berbasis HOTS, pembelajaran kontekstual, penggunaan media konkret, dan pendampingan dalam proses pemecahan masalah.
Referensi
Ari Suharyani, L., & Siswanto, J. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Untuk Pengembangan Modul Ajar Konsep Perubahan Lingkungan Melalui Penerapan Education For Sustainable Develpment(Esd). Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1276–1284. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.159
Cece Wijaya. 2010. Pendidikan Remidial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DH, S., Amran, M., Taris, L., & Amin, M. S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 271. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.27220
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ermawati, D., Amaliyah, F., & Universitas Muria Kudus. (2025). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi. Jurnal Pendidikan, 8(1), 60–67.
Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari metakognisi siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2823. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5918
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11.
I Made, S. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Buku pegangan pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi berbasis zonasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmetika ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
Lastin, N., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada siswa kelas V SDN 02 Plumbon Tawangmangu. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 18123–18130.
Manik, P. S. S., & Ngurah, G. S. A. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 258–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392
Purwati. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaran model creative problem solving. Jurnal Kadikma, 7(1).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Reserch And Develoment (R&D). Bandung:ALFABETA
Susanti, D., & Hernawati, C. (2022). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 115–122. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12190
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Tumangor, M. (2021). Berpikir kritis: Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif.
Unaenah, E., Saridevita, A., Valentina, F. R., Astuty, H., Devita, N., & Destiyantari, S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan di kelas V sekolah dasar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 247–261. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Wilson, L. O. (2016). Bloom’s Taxonomy revised – Understanding the new version of Bloom’s Taxonomy. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, 1(1), 1–8.
Yudha, N., Pamungkas, A., Trisiana, A., & Prihastari, E. B. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika materi perkalian peserta didik kelas IV SDN Kestalan No . 05 Surakarta. Journal on Education, 06(01), 5941–5952. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3796/3146
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Larasati Arini Sekar Melati, Ema Butsi Prihastari, Ani Restuningsih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.