EFEKTIVITAS MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN MEDIA POLYMATH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.399Kata Kunci:
Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media POLYMATH, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Pembelajaran matematika yang bersifat monoton menjadikan siswa tidak aktif dalam pembelajaran sehingga menjadikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kurang. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 3 Menawan dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas model realistic mathematic education berbantuan media POLYMATH. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain desain Pre Experimental Design bentuk One Group Pretest Posttest Design, yang melibatkan satu kelas yang dipilih melalui sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh skor 0,6586 dengan kategpri sedang atau 65,86% dalam kategori cukup efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV meningkat setelah diberi penerapan model RME berbantuan media POLYMATH.
Referensi
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 58–64. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.09
Amaliyah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JTIEE, 4(2), 1–8.
Amaliyah, F. (2024). Literature Review: Aplikasi Wordwall Berbasis Gamifikasi Sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Inventa, 8(2), 73–81. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9595
Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940
Asih, S. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21888
Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2646–2657.
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Dinglasan, J. K. L., Caraan, D. R. C., & Ching, D. A. (2023). Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Problem-Solving Skills of Students. 4(2).
Dwi Aqiella Fadilla Hayya, Mareta Noor Ahadiya, Muhammad Erfansyah, & Fitriyah Amaliyah. (2024). Analisis Pemecahan Masalah Pendidikan Matematis Materi Bilangan Pada Kelas IV SD 4 Karangmalang. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 153–162. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14311
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Hadijah, S., Aulia, L., & Yuniza Eviyanti, C. (2020). Profil Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Media Pembelajaran Berintegrasi Budaya Aceh. Numeracy, 7(2), 309–323.
Hasbi, S., Putri, C. W., Febriyanti, E., Harahap, M. B., & Purba, N. H. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 12 Medan. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(8), 1138–1145. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/4000
Heuvel-panhuizen, M. Van Den, & Drijvers, P. (2014). Encyclopedia of Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education, 521–534. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
Khudlori, A., & Widyaningrum, R. (2024). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(1), 77–90.
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Lestari, A. P., Fitriani, N., & Bernard, M. (2025). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Teknologi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 8(1), 81–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v8i1.24468
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (1st ed.). IRDH.
Mayariah, A., Hidayah, A. N., Koestanti, J., & Amaliyah, F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode One Sample T-Test. MathVision : Jurnal Matematika, 6(2), 96–101. https://doi.org/10.55719/mv.v6i2.1226
Muntheawati, N., Arrahim, & Mujiani, D. S. (2025). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal ), 9(1), 12–19.
Mutiakandi, N. M., & Sari, N. M. (2024). Literasi Matematis dan Self-Confidence pada Model Problem- Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 369–384. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.1484
Naldi, W., Herman, T., & Masnur. (2023). Implementation of realistic mathematics education ( RME ) approach to elementary school mathematics problem solving ability. ICEE:Proceeding The 5th International Conference On Elementary Education, 5(1), 693–704. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/3154
Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40.
Nugraheni, L. P., & Marsigit, M. (2021). Realistic mathematics education: An approach to improve problem solving ability in primary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 511–518. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.19354
Nugroho, F. A. W., Zuliana, E., & Amaliyah, F. (2025). Effectiveness of RME Assisted by Story Calendar Media for Elementary School Students’ Mathematical Literacy Ability. IIJED: Indonesian Journal of Educational Development, 6(1), 214–227.
Nurcahyani, M. J., & Sumardi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbantu LKPD Berbasis Discovery Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3624–3631. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5765
Palinussa, A. L., Molle, J. S., Gaspersz, M., & Palinussa, A. L. (2021). Realistic mathematics education : Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Putra, R. W. Y., Sutiarso, S., & Nurhanurawati. (2024). Using The Realistic Mathematics Education (RME) Approach With Scaffolding to Enhance Mathematical Representation Ability. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(02), 535–546. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v15i2.24560
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matematika Realistik. In Citapustaka Media (1st ed.). Citapustaka Media.
Ratna, M. (2023). Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Kelas VI MIN 19 Bireuen. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan Sains Dan Humaniora, 11(9), 1228–1232.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis.
Sari, T., & Putri, J. H. (2024). Pembelajaran Matematika Sebagai Wadah Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 73–79.
Sari Umar, U. P., & Zakaria, Z. (2022). The effectiveness of the realistic math education (RME) learning method based on manipulative media in improving the problem-solving abilities of elementary school students. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 21(1), 1369–1376. https://doi.org/10.30863/ekspose.v21i1.3405
Setyawan, Y. R., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 134–141.
Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368.
Sundari, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas II Di SD Negeri 66 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 924–929.
Syaiful, Kamid, Muslim, & Huda, N. (2020). Identifiying of Problem Solving Abilities in Mathematics Among Junior High School Students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 176–182. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.14861
Szabo, Z. K., Körtesi, P., Guncaga, J., Szabo, D., & Neag, R. (2020). Examples of problem-solving strategies in mathematics education supporting the sustainability of 21st-century skills. Sustainability, 12(23), 1–28. https://doi.org/10.3390/su122310113
Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2017). Mathematics instruction, problems, challenges and opportunities: A case study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287–291.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Vitasari, U. N., Ermawati, D., & Amaliyah, F. (2025). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–41. https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3137
Warsito, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Improving students’ mathematical representational ability through RME-based progressive mathematization. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012038
Widiastuti, B., & Nindiasari, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik intuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2526–2535. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1190
Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 147–160. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik (1st ed.). Graha Ilmu.
Windari, R. A., & Amir, M. F. (2024). Realistic Mathematics Education Model for Logical Reasoning of Primary Students. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 10(2), 221–230. https://doi.org/10.29407/jmen.v10i2.22275
Wulandari, S., Utaminingsih, S., & Zuliana, E. (2024). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic education (RME) Berbantuan Media Rambat Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Diagram Batang Kelas V SD 1 Jepang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 424–438.
Yanto, A. D., & Rahaju, E. B. (2024). Literasi Matematika Peserta Didik SMP Berdasarkan Mathematics Self-Efficacy pada Masalah Statistika Adaptasi PISA. MATHEdunesa, 13(2), 660–673. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p660-673
Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach: The Role of Mathematical Representation as Mediator Between Mathematical Belief and Problem Solving. PLoS ONE, 13(9), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0204847
Zaenap, S., Utaminingsih, S., & Santoso. (2020). Efektivitas Media Takontikasi Berbasis Matematika Realistik dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 595–602.
Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 2017(1), 32–40. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093
Zuliana, E. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.440
Zuliana, E. (2017). Desain Siputmatika Dan Rancangan Lintasan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Simetri Putar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 151–158. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1226
Zuliana, E., Oktavianti, I., Ratnasari, Y., & Bintoro, H. S. (2020). Design and Application of Marionette Tangram: An Educational Teaching Media for Mathematics and Social Science Learning Process in Elementary Schools. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 931–935. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080326
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nadia Pramitasuri, Eka Zuliana, Fitriyah Amaliyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.