PERAN PERMAINAN EDUKATIF TANGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BANGUN DATAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.100Kata Kunci:
Bangun Datar, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Permainan Edukatif Tangram, Rumah Adat JeparaAbstrak
Inovasi pembelajaran matematika di sekolahh dasar (SD), sangat diperlukan hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat kepada guru yang kurang memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar siswa. Khususnya di kelas 4 SD Negeri 3 tunggul Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika khususnya pada materi Bangun datar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti merancang desain pembelajaran menggunakan model pembelajaran realistik Indonesia dengan konteks rumah Adat Jepara dengan menggunakan media permainan edukatif tangram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pemahaman konsep geometri permukaan lebih dalam dengan melibatkan siswa secara aktif dalam merakit dan memecahkan teka-tekipada permainanedukatif tangram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain (desain research). Dengan 3 tahapan yakni 1. preliminary design. 2. Eksperiment 3. restrofektif analysis. Hasil dari penelitian ini adalah: siswa minat belajar siswa meningkat dan siswa sangat berkontribusi dalam pembelajaran.
Referensi
Afidati, M., & Malasari, P. N. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIVISME. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67-77.
Bintoro, H. S., & Zuliana, E. (2018). Pembelajaran matematika materi luas trapesium dengan pendekatan luas persegi panjang menggunakan model pembelajaran matematika realistik berkonteks rumah adat kudus. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 1, 153–165. http://eprints.umk.ac.id/3505/3/Artikel
Fitria, R. A. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A ’ yun Ponorogo. 4798(20), 1–6. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.90.
Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.
Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.
Kamsurya, R. (2019). DESAIN RESEARCH : PENERAPAN PENDEKATAN PMRI SURFACE AREA AND VOLUME TO IMPROVE MATH PROBLEM-. 02(01), 56–70.
Lus, E., & Palupi, W. (2017). PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBANTUAN PUZZLE TANGRAM UNTUK. 3(2), 138–148.
Midianti, M., & Zainil, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar menggunakan Pendekatan PMRI Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 186–192.
Mufida, M., A’yun, D. Q., & Razzaq, A. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN “MATCH MAGIC TRIK BILANGAN PECAHAN”. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 51-58.
Riyanti, V., & Angga, M. (2023). Pengaruh Media Tangram terhadap Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar di SD Negeri 07 Bantan. 7, 15710–15715.
Rustiani, S., Djafar, S., & Hafsyah, H. (2023). PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI KESEBANGUNAN MELALUI ALAT PERAGA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 17-25.
Syamsinar, S., Gusnia, K., Asmawati, A., & Ahmad, A. K. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 91-102.
Zuliana, E., Oktavianti, I., Ratnasari, Y., & Bintoro, H. S. (2020). Design and Application of Marionette Tangram : An Educational Teaching Media for Mathematics and Social Science Learning Process in Elementary Schools. 8(3), 931–935. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080326.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Naisya Ramadhani, Mahmud Andriansah, Muhammad Erfansyah, Eka Zuliana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.