PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Brigita Wati Br Ginting Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.351

Kata Kunci:

Canva, Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar Siswa

Abstrak

Riset ini dibuat untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang mudah digunakan, valid, dan efektif supaya bisa membantu meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Swasta Rakyat Pancur Batu. Riset ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan yang memakai model ADDIE. Subjek riset terdiri dari 15 anak didik kelas X di SMA Swasta Rakyat Pancur Batu. Instrumen yang dipakai dalam riset meliputi angket validasi materi dan media, kuesioner tanggapan dari pengajar dan siswa, serta angket untuk mengukur minat belajar siswa. Rata-rata nilai validasi dari ahli materi dan ahli media masing-masing adalah 4,5 dan 4,4, sehingga media ini dikategorikan sangat valid. Kepraktisan media terlihat dari skor rata-rata angket respon guru dan siswa, yaitu 4,6 dan 4,3, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Efektivitas media diukur melalui persentase rata-rata N-gain pada angket minat belajar siswa, yaitu 64,45%, yang termasuk cukup efektif. Setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Canva, peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari nilai N-gain, di mana 11 siswa menunjukkan peningkatan dengan skor antara 0,30 hingga kurang dari 0,70 (kategori sedang), dan 4 siswa lainnya berada pada rentang 0,70 sampai 1,00 (kategori tinggi). Secara keseluruhan, rata-rata skor N-gain siswa adalah 0,644, yang menandakan peningkatan dengan kategori sedang.

Referensi

Abdullah, A. R., Yumnah, S., Salam, M. F., Firinta, Roly, I. S., Darojah, R. U., Mustova., Zulaichoh, S., Haeran, & Halim, F. A. (2022). Pengembangan Minat & Bakat Belajar Siswa. CV Literasi Nusantara Abadi.

Akbar, Y., & Bachtiar, Y. (2024). Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Kipin School Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(3), 2827–2839. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i3.1013

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.

Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.

Hafizah, Z., & Samosir, K. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i1.678

Handayani, D. E., Baedowi, S., & Mauliana, A. D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Mengenal Organ Pencernaan Manusia Untuk Sekolah Dasar. JB&P: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 12(1), 1–12.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75.

Irwanita, D., Nefilinda, & Putri, R. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X IS SMAN 2 Dayun, Kabupaten Siak. El-Jughrafiyah, 3(1), 1–13.

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JMLIPARE, 8-19.

Jumroh, J., Isroqmi, A., & Tullah, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MATRIKS DI SMK. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(2), 182–199. https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.239

Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 9(3), 1357–1363.

Kusumawati, A. A. (2024). Self Regulation Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Empati, 13(3), 47–52.

Niko, R. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.

Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Rambe, Y. S., Rozi, F., Mailani, E., Sirait, A. P., & Manurung, I. F. U. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 19 RANTAU UTARA T.A 2023/2024. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(4), 715. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59420

Renaldie, Z., Nando, S., Alus, A. F., & Hernaeny, U. (2024). Rancangan Model Pembelajaran Dick & Carey pada Materi Kalkulus Tingkat SMA. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 340–344.

Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 9817–9824.

Sukarelawan, I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain VS Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Suryacahya.

Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626

Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika: untuk Guru, Calon Guru, Orangtua, dan Para Pecinta Matematika. Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Zahra, A., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tembusai, 7(3), 22649–22657.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-12

Cara Mengutip

Br Ginting, B. W., & Siregar, N. . (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 391–404. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.351

Terbitan

Bagian

Artikel