ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v2i2.69Kata Kunci:
Pengelolaan Kelas, Kepuasan Belajar, Manajemen KelasAbstrak
Pengelolaan kelas dalam meningkatkan kepuasan belajar sebagai upaya maksimal diperlukan strategi manajerial dalam pengelolaan kelas perlu dilakukan analisis. Pengelolaan kelas hal terpenting adalah rencana manajemen pengelolaan kelas, pelaksanaan pengeloalaan kelas, dan evaluasi manajemen pengelolaan kelas sementara untuk kepuasan belajar perlu mengetahui kompetensi tenaga pengajar, keterlaksanaan pembelajaran, dan fasilitas dalam kelas sehingga dapat terbangun strategi sebagai upaya untuk menentukan Strategi manajemen kelas yang efektif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh a) guru perlu merencanakan sehingga pembelajaran terlaksana dengan maksimal, b) guru memiliki varian media pembelajaran sebagai fasilitas dala pelaksanaan pengelolaan kelas, c) guru yang profesional selalu melakukan evaluasi guna meningkarkan kompetensi sebagai tenaga pengajar.
Referensi
Ahmad, A. K. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1)
Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1).
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4).
Aswad, M., & Sardi, A. (2023). The Discourse Analysis of Diction Effects on Teachers Used in Teaching English as a Foreign Language. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2647-2654.
Dananjaya, U. (2023). Media pembelajaran aktif. Nuansa cendekia.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Hidayat, W., Jahari, J., & Shyfa, C. N. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1).
Nikmatussaidah, N. (2020). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2).
Nur Azizah, S. H. A. B. I. R. A. (2019). Pengaruh Pelatihan Menjahit terhadap Tingkat Kepuasan Warga Belajar di Satuan Pendidikan Non Formal (Studi Pada SKB Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.
Rahmayani, S., Jumrah, J., Ahmad, A. K., & Sulaiman, A. Z. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4).
Rosita, R., Sulaiman, A. Z., Jumrah, J., & Ahmad, A. K. (2023). Penguatan Pondasi Matematika dan Sains Anak Pendidikan Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Disiplin Ilmu, 1(2).
Sardi, A. (2023). Entrepreneurship Business Feasibility Studi (Studi Kelayakan Usaha).
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Sardi, A., Kalsum, K., Rauf, W., & Hasyim, S. (2023). Enhancing Students’ Writing Skills through the Implementation of the Seven Nucleus Approach in Teaching Tenses. SELTICS, 6(1), 39-47.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).
Triyono, S. (2021). Dinamika penyusunan e-modul. Penerbit Adab.
Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(5).
Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan, 1(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abdul Wahid, Muhardi Muhardi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.