Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.2Kata Kunci:
Hasil Belajar IPA, Children Learning in ScienceAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (i)aktivitas belajar IPA.(ii) hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Sciencepada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang. (iii) perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan.Jenis penelitian ian adala penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisi menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 6 siswa (28,57%), kategori tinggi frekuensinya 8 siswa (38,10%), kategori sedang frekuensinya 5 siswa (23,81%), kategori rendah frekuensinya 2 siswa (9,52%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V berada dalam kategori tinggi sedangkan pada siklus II diperoleh distribusi frekuensi untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 7 siswa (33,33%), kategori tinggi frekuensinya 12 siswa (57,14%), kategori sedang frekuensinya 1 siswa (4,76%), kategori rendah frekuensinya 1 siswa (4,76%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V UPT SDN 240 Pinrang setelah dilakukan tindakan pada siklus II berada dalam kategori sangat tinggi.
Referensi
Ali Nugraha, dkk. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.
Arifin 1999. Evaluasi Intruksional Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Arikunto,S. Suharjono. dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Budiarti, Dkk. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, 2014.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. PekanBaru: Pustaka Pelajar
Kulsum, Umi.2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM, Surabaya: Gena Pratama Pustaka.
Peter, Ogundola,A. Popoola,andO.oke Jonathan.2010.Effect of Constructivism Instructional Approach on Teaching Pratical Skillsto Mechanical Related Trade Studentsin Western Nigeria Techical Collages. International NGO Journal Vol. 5(3), pp. 059-064, March 2010.
Rustaman, Nuryani.dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Indeks.
Sapriati. Dkk. 2014 Materi pokok Pembelajaran IPA di SD.,1-9/ PDGK 4202/3 sks-cet 17;ed tanggerang: Universitas Terbuka
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sikdiknas 2009 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Sinar Grafika.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Srini M. Iskandar. 2001. Pendidikan IPA. Babdung: Maulana
Srini Ms Iskandar 2001. Pendidikan Bandung, Maulana
Sriyanti, 2011. Perbandingan Hasil Belajar Metode Index Card Match Dengan metode Make a Match Dalam meningkatkan Ketuntasan pembelajaran matematikaSiswa Kelas VIII SMP Negeri3 Bulukumba Kab. Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:UIN Alauddin Makassar.
Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung:Tarsito
Sudrajat 2008. Pengertian Pendekaan, Strategi, Metode, Tekhni, dan Model Pembelajaran
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 32 Ayat 1
Widiyarti, Widayanti dan Winarti. 2012. Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta Juni 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhardi Muhardi, Abdul Walid

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.