Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.2

Kata Kunci:

Hasil Belajar IPA, Children Learning in Science

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (i)aktivitas belajar IPA.(ii) hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Sciencepada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang. (iii) perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan.Jenis penelitian ian adala penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisi menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 6 siswa (28,57%), kategori tinggi frekuensinya 8 siswa (38,10%), kategori sedang frekuensinya 5 siswa (23,81%), kategori rendah frekuensinya 2 siswa (9,52%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V berada dalam kategori tinggi sedangkan pada siklus II diperoleh distribusi frekuensi untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 7 siswa (33,33%), kategori tinggi frekuensinya 12 siswa (57,14%), kategori sedang frekuensinya 1 siswa (4,76%), kategori rendah frekuensinya 1 siswa (4,76%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V UPT SDN 240 Pinrang setelah dilakukan tindakan pada siklus II berada dalam kategori sangat tinggi.

Referensi

Ali Nugraha, dkk. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.

Arifin 1999. Evaluasi Intruksional Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Arikunto,S. Suharjono. dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Budiarti, Dkk. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, 2014.

Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. PekanBaru: Pustaka Pelajar

Kulsum, Umi.2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM, Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Peter, Ogundola,A. Popoola,andO.oke Jonathan.2010.Effect of Constructivism Instructional Approach on Teaching Pratical Skillsto Mechanical Related Trade Studentsin Western Nigeria Techical Collages. International NGO Journal Vol. 5(3), pp. 059-064, March 2010.

Rustaman, Nuryani.dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Indeks.

Sapriati. Dkk. 2014 Materi pokok Pembelajaran IPA di SD.,1-9/ PDGK 4202/3 sks-cet 17;ed tanggerang: Universitas Terbuka

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sikdiknas 2009 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Sinar Grafika.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Srini M. Iskandar. 2001. Pendidikan IPA. Babdung: Maulana

Srini Ms Iskandar 2001. Pendidikan Bandung, Maulana

Sriyanti, 2011. Perbandingan Hasil Belajar Metode Index Card Match Dengan metode Make a Match Dalam meningkatkan Ketuntasan pembelajaran matematikaSiswa Kelas VIII SMP Negeri3 Bulukumba Kab. Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:UIN Alauddin Makassar.

Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sudrajat 2008. Pengertian Pendekaan, Strategi, Metode, Tekhni, dan Model Pembelajaran

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 32 Ayat 1

Widiyarti, Widayanti dan Winarti. 2012. Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta Juni 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-15

Cara Mengutip

Muhardi, M., & Walid, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 9–21. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.2

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama