PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MODERN: TINJAUAN SISTEMATIS LITERATUR 2020-2025
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.547Kata Kunci:
Digitalisasi Pendidikan, Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Cerdas, Pendidikan Modern, Studi Literatur SistematisAbstrak
Penelitian ini mengkaji peran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam memperbarui sistem pendidikan modern dengan menggunakan metode studi literatur sistematis. Pemilihan literatur dilakukan melalui teknik purposive sampling terhadap 18 artikel ilmiah nasional dan internasional periode 2020–2025 yang relevan dengan topik pemanfaatan AI dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan dianalisis berdasarkan lima tema utama: konsep AI dalam pendidikan, implementasi AI dalam proses belajar, kontribusi AI terhadap pembaruan pendidikan, hambatan dalam penerapan AI, serta prospek pengembangan teknologi cerdas di masa depan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa AI berperan besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui sistem adaptif, tutor virtual, rekomendasi materi otomatis, dan evaluasi berbasis data. Teknologi ini juga membantu meningkatkan kreativitas dan literasi digital peserta didik serta memperluas akses pembelajaran melalui platform digital. Di sisi lain, penerapan AI masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kesenjangan kompetensi digital pendidik, dan isu etika mengenai keamanan data dan ketergantungan berlebih pada teknologi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menegaskan bahwa meskipun terdapat kesenjangan yang nyata antara kemajuan inovasi teknologi dengan kesiapan infrastruktur dan pedagogis di lapangan, AI berpotensi kuat untuk mendukung transformasi pendidikan secara menyeluruh, namun diperlukan strategi implementasi yang tepat, termasuk penguatan kebijakan, peningkatan kompetensi guru, dan pemerataan infrastruktur digital.
Referensi
Abdul, K. (2025). Peran artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan layanan pendidikan di SMP/MTs. Manajemen Kreatif Jurnal, 3(1), 95–104.
Anam, S., Gumilar, S., Ainie, I. N., & Wibowo, F. A. (2025). Tren dan tantangan penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan: Analisis artikel pada jurnal terakreditasi nasional. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 72–86.
Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi mendalam pendidikan melalui kecerdasan buatan: Dampak positif bagi siswa dalam era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742–31748.
Apriliani, D. (2024). Pemanfaatan artificial intelligence dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262
Efendi, Z., Hanim, M. A. F., & Santoso, A. (2025). Kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan: Tinjauan literatur sistematis tentang peluang, masalah etika, dan implikasi pedagogis. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman, 4(3), 134–152.
Fatmadiwi, A., Hartoyo, A., & Erlina, E. (2025). Kebijakan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 11(1), 284–291.
Fitri, K. R., Praherdhiono, H., Kurniawan, C., & Aulia, F. (2025). Pemanfaatan artificial intelligence (AI) ChatGPT dalam pembelajaran siswa sekolah menengah ke atas untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 182–190.
Khosibah, S. A., Rahmaningrum, A., & Kusumawardani, C. T. (2025). Potensi dan praktik literasi artificial intelligence (AI) dalam pendidikan anak usia dini di Indonesia: Systematic literature review. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 11(1), 55–69.
Kurnia, M. L., Supratman, Z., & Gusli, R. A. (2023). Penerapan AI dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 3 Bukittinggi. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 277–289.
Mahesa, F. (2024). Kecerdasan buatan dalam pendidikan: Peluang dan tantangan pemanfaatannya untuk personalisasi pembelajaran. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(6), 146–152.
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2023). Efektivitas artificial intelligence (AI) dalam belajar dan mengajar. Jurnal Pendidikan Seroja, 2(1), 53–60.
Nurnaningsih, S. M., & Salehudin, M. (2025). Transformasi pendidikan anak usia dini melalui media AI: Sebuah pendekatan inklusif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 156–165.
Nur, S. A. A., Noni, N. N., & Nur, M. S. (2025). Peran kecerdasan buatan dalam digitalisasi pendidikan: Tinjauan sistematis terhadap tren dan tantangan. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 5(1, Special Issues), 29–33.
Respati, H. T. (2024). Pemanfaatan AI dalam pendidikan: Meningkatkan pembelajaran melalui sistem pembelajaran adaptif. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 394–400. https://doi.org/10.62017/merdeka.v2i2.2903
Sahabuddin, R., Azhari, A., Natasya, W., Annisa, M. A., Putra, M. D. P., & Marpia, M. (2025). Dampak penggunaan AI dalam meningkatkan efisiensi belajar mahasiswa: Studi tentang ketergantungan dan kemampuan kritis. Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi, 2(3), 421–430.
Sihaloho, F. A. S., & Napitupulu, Z. (2024). Penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam dunia pendidikan di Indonesia: Tinjauan literatur. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 9(1), 13–20.
Sugiono, S. (2024). Proses adopsi teknologi generative artificial intelligence dalam dunia pendidikan: Perspektif teori difusi inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 110–133.
Taryo, T., & Musyafa, A. (2025). The perfection of ChatGPT in making fast-accurate reports of students at SMK Parung. Abdi Jurnal Publikasi, 4(1), 9–17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fahmy Syahputra, Elsa Sabrina, Ricardo Manurung, Ray Rivandi Tarigan, Gabriel Frandika Tarigan, Nugraha Aditama Putra Perdana, Frans Pratamarifai Doya Zai

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




















