KECERDASAN BUATAN DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.544Kata Kunci:
Artificial Intelligence, Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Digital, Learning Analytics, Chatbot EdukatifAbstrak
Perkembangan pesat Artificial Intelligence (AI) dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong hadirnya media pembelajaran digital interaktif yang lebih adaptif, responsif, dan mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan belajar peserta didik. Kajian ini menelaah bagaimana AI diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif melalui analisis sistematis terhadap 20 artikel nasional dan internasional yang dipublikasikan pada rentang 2019–2024. Metode literature review digunakan untuk mengidentifikasi fitur-fitur AI yang paling banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran, seperti personalisasi materi, learning analytics, smart assessment, virtual tutor, dan chatbot edukatif. Hasil telaah menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dapat memperkaya proses belajar melalui umpan balik otomatis, pemantauan kemampuan siswa secara real-time, serta penyajian materi yang lebih terarah sesuai kebutuhan individu. Namun, berbagai penelitian juga menegaskan adanya hambatan, terutama keterbatasan literasi digital guru, ketidaksiapan infrastruktur, serta isu etika dan keamanan data. Secara keseluruhan, kajian ini memberikan pemahaman komprehensif mengenai peran AI dalam pengembangan media pembelajaran interaktif serta menawarkan dasar teoretis bagi penelitian selanjutnya maupun pengembangan kebijakan terkait integrasi AI dalam pendidikan di Indonesia.
Referensi
Adzan, G. E., & Azhar. (2024). Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Penulisan Karya Ilmiah. Etika Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penulisan Karya Ilmiah, 4(4), 2297–2308. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.874
Amelia, N. F., Marcella, D. M., Semesta, H. J., Budiarti, S., & Usman, S. F. (2024). Implementasi Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(1), 56–70. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.786
Aulia, S., Rahmaningrum, A., & Tri, C. (2025). Potensi dan Praktik Literasi Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia : Systematic Literature Review. Jurnal Edukasi AUD, 11(1), 55–69. https://doi.org/10.18592/jea.v11i1.16329
Dewi, A. C. (2022). Strategi pembelajaran bahasa indonesia berbasis ai dalam meningkatkan literasi digital siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–5.
Efendi, Z., Hanim, M. A. F., & Santoso, A. (2025). Kecerdasan buatan (ai) dalam pendidikan: tinjauan literatur sistematis tentang peluang, masalah etika, dan implikasi pedagogis. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 134–152. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i3.5052
Guslistiawan, W., Heriyana, A. F., Marshal, F. A., P. Dasuha, D. P., & Azmi, Z. (2025). Kajian Literatur : Kemanfaatan Kecerdasan Buatan ( AI ) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 937–951.
Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 253–258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843
Mubaroq, S., & Insyiroh, I. M. (2020). Teknologi Kecerdasan Buatan , Big Data Analysis , Dan Internet Of Things : Potensi Dan Perannya Dalam Penanganan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 109–114.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321–327.
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2023). Efektif Artificial Intelligence (AI) dalam belajar dan mengajar. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(1), 1–7.
Sihaloho, F. A. S., & Napitupulu, Z. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence ) Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia : Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 9(1), 13–20.
Suryawijaya, M. R., Praptodiyono, S., & A, S. N. (2025). Peran Artificial Intelligence dalam Mengembangkan Kompetensi dan Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Informatik Edisi Ke-21, 4221, 155–165.
Usman, U., Kholisoh, S., Rahayu, S., Aulia, A., Amara, A., Alta, P., Studi, P., Biologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2025). Implikasi Kecerdasan Buatan (AI) Terhadap Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 9(4), 1042–1049. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i4.10263
Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan : Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknlogi Informatika Dan Komputer MH. Thamrin, 10(2), 602–615. https://doi.org/https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2324
Yusuf, M. N. A., & Arsjah, R. J. (2025). Pengaruh Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligent ) pada Adopsi Teknologi dalam Praktik Akuntansi di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6(3), 1044–1057.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Elsa Sabrina, Dira Safira, Jeremia Sitepu, Nisa Safitri, Nur Intan Sinaga, Shahdana Shahdana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




















