STUDI LITERATUR: PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.42Kata Kunci:
Contextual Teaching and Learning, CTL, Kemampuan Berpikir Kritis MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kajian literatur tentang penerapan metode contextual teaching learning dalam meningkatkan berpikir kritis matematis dengan menggunakan metode kualitatif studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini ditempuh melalui riset kepustakaan murni berupa data sekunder dengan mengkaji sumber-sumber tertulis seperti jurnal-jurnal ilmiah. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu meringkas data, menarik berbagai topik pembahasan, mengembangkan data berdasarkan kepentingannya, melakukan cross check, memaparkan hasil yang telah dihimpun dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL meliputi dapat meningkatkan berfikir kritis dengan tahapan: (1) penyajian masalah/situasi dunia nyata; (2) diskusi kelompok, yang meliputi kegiatan menemukan dan refleksi; (3) latihan soal. Proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan ini mempunyai relevansi dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang diuraikan dalam kajian ini, antara lain (1) interpretasi yaitu kemampuan memahami atau mengungkapkan makna dari data atau situasi yang disajikan dalam sebuah permasalahan matematika; (2) analisis yaitu kemampuan mengidentifikasi hubungan antara data yang diberikan dan menalar argumen yang diberikan; (3) evaluasi yaitu kemampuan mengevaluasi setiap aspek yang ada dalam suatu masalah ataupun situasi tertentu; (4) keputusan yaitu kemampuan membuat kesimpulan dari suatu permasalahan matematika.
Referensi
Amalia, Endah, and D Fadly Pratama. 2021. “PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS II.” Journal of Elementary Education 04: 5.
Berns, Robert G, and Patricia M Erickson. n.d. “From Behaviorism to Constructivism and Contextual Teaching and Learning.” http://www.nccte.com/publications/infosynthesis/index.
Depdiknas.(2002).Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah.
Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Erina, Silfia. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4 (2): 2012–22. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2044
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literatur Nusantara.
Johnson, Elaine B. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–94. Diambil dari https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjme/article/view/25
Krulik, S. & Rudnick, J.A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.
Liliasari. (2000). Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Calon Guru IPA. Dalam Proceeding Nasional Science Education Seminar, The Problem of Mathematics and Science Education and Alternative to Solve the Problems. Malang: JICA-IMSTEP FMIPA UM.
Majid, N. W. A., Hikmawan, R., & Burhanuddin, T. R. (2018). Pendidikan Berkemajuan: Telaah Konsep Pemikiran Pendidikan KH Ahmad Dahlan. Prosiding FKIP UMC, 1(1).
Nur Shanti, Widha, Dyahsih Alin Sholihah, and Ahmad Anis Abdullah. n.d. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI CTL” 5 (1). http://jurnal.uns.ac.id/jpm.
Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Paskalia , Etriana , Abdul (2020).Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl). Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika Volume 2 Nomor 2, Juni - November, halaman 129 – 138.
Romlah, N. H. S.(2002). Peningkatan Berpikir Kritis dan Analisis dalam Pembelajaran Bryophyta. Skripsi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sulianto, Joko, Pend Matematika, Fpmipa Ikip, and Pgri Semarang. 2008. “PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” Vol. 4.
Sunaryo, Yoni, and Ai Tusi Fatimah. 2019. “Pendekatan Kontekstual Dengan Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3 (1): 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468.
Watson, G. & Glaser, E. M. (1980). Critical Thinking Appraisal. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
Wuningsih. 2019. “Efektivitas Pendekatan Problem Posing Dan Kontekstual.” PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education. Vol. 01. Cirebon.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri Wahyuni, Nurur Rubingah, Kus Suryandari, Wildhan Ardhiansyah, Minsih Minsih, Ahmad Fatoni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.