STUDI LITERATUR: PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA

Penulis

  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurur Rubingah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kus Suryandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wildhan Ardhiansyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Minsih Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Fatoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.42

Kata Kunci:

Contextual Teaching and Learning, CTL, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kajian literatur tentang penerapan metode contextual teaching learning dalam meningkatkan berpikir kritis matematis dengan menggunakan metode kualitatif  studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini ditempuh melalui riset kepustakaan murni berupa data sekunder dengan mengkaji sumber-sumber tertulis seperti jurnal-jurnal ilmiah. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu meringkas data, menarik berbagai topik pembahasan, mengembangkan data berdasarkan kepentingannya, melakukan cross check, memaparkan hasil yang telah dihimpun dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL meliputi dapat meningkatkan berfikir kritis dengan  tahapan: (1) penyajian masalah/situasi dunia nyata; (2) diskusi kelompok, yang meliputi kegiatan menemukan dan refleksi; (3) latihan soal. Proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan ini mempunyai relevansi dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang diuraikan dalam kajian ini, antara lain (1) interpretasi yaitu kemampuan memahami atau mengungkapkan makna dari data atau situasi yang disajikan dalam sebuah permasalahan matematika; (2) analisis yaitu kemampuan mengidentifikasi hubungan antara data yang diberikan dan menalar argumen yang diberikan; (3) evaluasi yaitu kemampuan mengevaluasi setiap aspek yang ada dalam suatu masalah ataupun situasi tertentu; (4) keputusan yaitu kemampuan membuat kesimpulan dari suatu permasalahan matematika.

Biografi Penulis

Sri Wahyuni, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Nurur Rubingah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Kus Suryandari, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Wildhan Ardhiansyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Minsih Minsih, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Ahmad Fatoni, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Referensi

Amalia, Endah, and D Fadly Pratama. 2021. “PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS II.” Journal of Elementary Education 04: 5.

Berns, Robert G, and Patricia M Erickson. n.d. “From Behaviorism to Constructivism and Contextual Teaching and Learning.” http://www.nccte.com/publications/infosynthesis/index.

Depdiknas.(2002).Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah.

Ennis, R.H.(1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Erina, Silfia. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4 (2): 2012–22. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2044

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literatur Nusantara.

Johnson, Elaine B. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–94. Diambil dari https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjme/article/view/25

Krulik, S. & Rudnick, J.A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.

Liliasari. (2000). Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Calon Guru IPA. Dalam Proceeding Nasional Science Education Seminar, The Problem of Mathematics and Science Education and Alternative to Solve the Problems. Malang: JICA-IMSTEP FMIPA UM.

Majid, N. W. A., Hikmawan, R., & Burhanuddin, T. R. (2018). Pendidikan Berkemajuan: Telaah Konsep Pemikiran Pendidikan KH Ahmad Dahlan. Prosiding FKIP UMC, 1(1).

Nur Shanti, Widha, Dyahsih Alin Sholihah, and Ahmad Anis Abdullah. n.d. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI CTL” 5 (1). http://jurnal.uns.ac.id/jpm.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

Paskalia , Etriana , Abdul (2020).Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl). Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika Volume 2 Nomor 2, Juni - November, halaman 129 – 138.

Romlah, N. H. S.(2002). Peningkatan Berpikir Kritis dan Analisis dalam Pembelajaran Bryophyta. Skripsi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.

Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sulianto, Joko, Pend Matematika, Fpmipa Ikip, and Pgri Semarang. 2008. “PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” Vol. 4.

Sunaryo, Yoni, and Ai Tusi Fatimah. 2019. “Pendekatan Kontekstual Dengan Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3 (1): 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468.

Watson, G. & Glaser, E. M. (1980). Critical Thinking Appraisal. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Wuningsih. 2019. “Efektivitas Pendekatan Problem Posing Dan Kontekstual.” PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education. Vol. 01. Cirebon.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Wahyuni, S., Rubingah, N., Suryandari, K., Ardhiansyah, W., Minsih, M., & Fatoni, A. (2023). STUDI LITERATUR: PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.42

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama