ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD

Penulis

  • Nuraini Alkhasanah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yusrika Firda Isnaini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lastiadi Muhtadin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prapti Octavia Ningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Fatoni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Minsih Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.41

Kata Kunci:

Kesulitan Membaca, Hambatan Membaca, Membaca Permulaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 2 SDN Dari 2 Plupuh, (2) mengetahui hambatan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 2 SDN Dari 2 Plupuh, (3) untuk mengetahui solusi yang diberikan guru terhadap kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas 2 SDN Dari 2 Plupuh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah SDN Dari 2 Plupuh, guru kelas 2 SDN Dari 2 Plupuh dan siswa kelas 2 SDN Dari 2 Plupuh dengan jumlah 8 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah ditemukan kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas 2 SDN Dari 2 Plupuh antara lain, (1) belum bisa mengeja kata, (2) belum bisa membaca susuna kata, (3) belum bisa membaca huruf diftong dan kluster, (4) sering mengulang kata, (5) kesalahan parafrase dan (6) belum mengetahui makna kata. Sedangkan hambatan yang dialami sehingga membuat siswa mengalami kesulitan membaca yaitu, (1) kurangnya peran orang tua saat mendampingi siswa belajar membaca, (2) minat membaca siswa masih rendah, (3) tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda. Solusi yang diberikan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah, (1) memberikan perhatian yang lebih terhadap siswa  yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, (2) menambah jam baca siswa, (3) membaca bersama.

Biografi Penulis

Yusrika Firda Isnaini, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Lastiadi Muhtadin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Prapti Octavia Ningsih, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Ahmad Fatoni, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Minsih Minsih, Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

 

Referensi

Ahmad, A. K. ., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–14. Diambil dari http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjme/article/view/12

Budi Agus Sumantri dan Nurul Ahmad. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Volume 3 Nomor 2

Cerianing Putri Pratiwi. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jpe (Jurnal Pendidikan Edutama), Vol. 7 No. 1

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Educational Research Seventh Edition. (n.d.).

Ermawati, E., Nurchalis, N. F., & Sardi, A. (2021). Online EFL Teaching and Learning: Different skills, Different Challenges. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1).

Fitria Pramesti. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 3,

Herisfani Fauziah. (2018) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Jurnal Elementary Vol. 4

Iskandarwassid, D. S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya

Meo, A. W. M. P. L. Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal CitraPendidikan. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Meri Astia. (2020). analisis faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan di kelas i sd negeri 93 palembang. Scholastica Journal Vol. 3, No. 1

Novita Dian Dwi L. Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, Suharmono Kasiyun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 4

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3).

Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sardi, A., & Atmowardoyo, H. (2022). Book Review: Language Curriculum Design (Monitoring, Assesment and Evaluation). Celebes Journal of Language Studies, 153-158.

Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sri Ayu Merlinda Yani , Khairun Nisa, dan Heri Setiawan. (2021). Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Pendas: Primary Education Journal, Volume 2 Nomor 2.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Alkhasanah, N., Yusrika Firda Isnaini, Muhtadin, L., Prapti Octavia Ningsih, Fatoni, A., & Minsih, M. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.41

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama