STUDI LITERATUR: PERAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.387Kata Kunci:
IPS, Media Wordwall, Motivasi Belajar, Pembelajaran Interaktif, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur (library research) dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media interaktif berbasis game mampu meningkatkan partisipasi, perhatian, dan semangat belajar siswa secara signifikan. Media ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Kesimpulannya, Wordwall merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar IPS dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di era digital saat ini.
Referensi
Aktivitas, M., Motivasi, D. A. N., & Ips, B. (2023). Jurnal Pendidikan : SEROJA. 2017.
Ananda, A. Z., & Sardi, A. (2025). Designing English Writing Worksheets Incorporating Islamic Moderation Values at an Islamic Senior High School in Palopo. Studies in English Language and Education (SiELE), 12(2), 915-931.
Ardila, I., Nuryasin, M. J., Cahya, N., Nida, N. A., & Ashilah, H. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Di SMA Negeri 1 Ciruas. 3, 7247–7258.
Barebbo, K., & Bone, K. (2024). Global Journal of Edu Center. 1, 70–78.
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 03(June), 363–368. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1955%0Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/download/1955/1434
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA, 219–227. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1301
Mahyudi, A. (2022). The Use of Wordwall Media in Improving Students’ Mastery of Standard Language. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisplin, 1(6), 1687–1694. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/419/334
Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Sardi, A., Nanning, M., Firmansyah, J. N., Muchtar, J., & Jannah, M. Fostering Auditory English Proficiency through Cinematic Exposure.
Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 Di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8885
Shelemo, A. A. (2023). یلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Susanto, S. (2023). Pengembangan Alat Dan Teknik Evaluasi Tes Dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1(1), 51–60.
Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Niken Niamilah, Ani Rosidah, Wina Dwi Puspita

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.