PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI PASANG

Penulis

  • Narda Tahir Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Usman Usman Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Buhaerah Buhaerah Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Jumrah Jumrah STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.37

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Quantum Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model Quantum pada hasil belajar matematika di SMP Negeri Pasang. Dengan menggunakan penelitian eksperimen dan desain one-group pretest-posttest design yang digunakan dalam metodologi penelitian kuantitatif penelitian ini. Dokumentasi observasi dan tes digunakan sebagai suatu metode dalam mengumpulkan data, analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial digunakan sebagai metode analisis data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa hasil penelitian diperoleh bahwa dari jumlah sampel yaitu 31 di dapatkan nilai rata-rata pretest yaitu  44,58. Dua (2) orang peserta didik dalam kategori tuntas dengan presentase 6,45%. Pada data posttest menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diproleh yaitu 76,39 dalam kategori tuntas sebanyak 30 peserta didik dengan presentase 96,77%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan atau penggunaan model  Quantum Learning memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik di kelas VII SMPN Pasang.

Biografi Penulis

Narda Tahir, Institut Agama Islam Negeri Parepare

 

 

Jumrah Jumrah, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Referensi

Abustang, P. Dkk. (2018). Pengaruh lingkungan social dan motivasi terhadap hasil belajar ips siswa SD inpres perumnas antang kec. Mapendas Mahakam.

Astuti, W.(2017) . model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar pecahan . Briliant :jurnal riset dan konseptual.

Dimayanti, 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi : Konsep Dasar, Teori, Strategi Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. Pontianak: An1mage.

De Porter, (2010). Quantun Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, Bandung: Kaifa

Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.

Novitasari, Dian. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika.

Nurnaifah, I. I., & Razzaq, A. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 29-41.

Oktoviana, Theresia Cicy and Yuli Ifana Sari, “Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 10 Malang” 2, no. 1 (2017).

Razzaq, A., & Nurnaifah, I. I. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 24-37.

Razzaq, A., & Tuo, M. A. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 95-104.

RI , Undang-undang No. 20 Th.2003,(2009). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional,cet.ke-2.(Jakarta:Sinar Grafika)

Sardi, A., & Atmowardoyo, H. (2022). Book Review: Language Curriculum Design (Monitoring, Assesment and Evaluation). Celebes Journal of Language Studies, 153-158.

S Margono, 2004 Metodologi Penelitian Pendidikan (jakarta: PT RINEKA CIPTA,).

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Saputri, dan dkk 2017. “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas Viii Di SMPN 1 Indralaya Utara”

Sekarani, Putri Rahyu.(2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Imiah Siswa Kelas XI” (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono, (2019. )Metode penelitian pendidikan, (Bandung,)

Susilawati ,Nia. (2018) “Pengaruh Pendekatan Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika”

Zaenal Arifin,( 2011). Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI PASANG. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.37

Terbitan

Bagian

Artikel