Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.4Kata Kunci:
Quantum Teaching learning, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil belajar Matematika tentang hubungnan antar garis melalui pendekatan pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IVb SD Inpres Tantu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb SD Inpres Tantu kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 13 Perempuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan adalah a) tahap perencanaan, b) tahap pelaksanaan tindakan, c) tahap observasi, dan d) tahap refleksi. Banyaknya siswa yang mencapai KKM Matematika pada siklus II ≥ 85% dari banyaknya siswa yang tuntas yaitu sebanyak 18 siswa atau 85.71% dari jumlak siswa yang ada sebanyak 21 siswa kelas IVb SD Inpres Tantu. Keaktifan siswa selama diterapkannya pendekatan pembelajaran Quantum Teaching meningkat, ditandai dengan adanya keseriusan dan perhatian siswa selama mengikuti proses belajar mengajar yang berlangsung.
Referensi
Aisyah.2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan. Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Matematika SLTP. Jakarta
DePorter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Dimyanti, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ermawati, E., Nurchalis, N. F., & Sardi, A. (2021). Online EFL Teaching and Learning: Different skills, Different Challenges. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1).
Harun. 2012. Model Pembelajaran Matematika. Bandung Remaja Rusda karya.
Heruman 2008 Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34711/2/MASUMAH-FITK.pdf siakses pada tanggal (25 April 20119)
Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.
Maier, Dave. 2001. Accelerated Learning. Bandung: Kaifa.
Purwanto. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdikarya.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sapriati, Dkk. 2014. Materi Pokok Pembelajaran IPA di SD ;1-9/PDGK 4202/3sks—cet 17; Ed 1--. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Bandung: Dirjen Dikti. Depdinas.
Sudjana 1989 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yokyakarta
Taniredja, Dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Tri Anni, Chatarina, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Dikti.
Tri Anto. 2011 Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya.
Tri Anto. 2007. Model-model Pembelajaran Inivatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Idrus Idrus, Sri Nirmala, Ahmed Sardi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.