Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Setting Kooperatif

Penulis

  • Abd. Rahim Mas P. Sanjata Universitas Islam Makassar (UIM)
  • Ahmed Sardi STKIP DDI Pinrang
  • Jumardin Muchtar Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v1i2.30

Kata Kunci:

Hasil Belajar Siswa, Tutor Sebaya Setting Kooperatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif pada siswa kelas  SMP Negeri 3 Duampanua Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi dan (4) analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas SMP Negeri 3 Duampanua Kabupaten Pinrang pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Obyek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi didalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa dan teknik observasi untuk memperoleh data mengenai aktivitas siswa. Analisis data tes hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya setting koopeartif  pada sisklus I, diperoleh ketuntasan individual dari 20 siswa yaitu 14 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 70%. Sedangkan tes hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya setting koopeartif pada siklus II diperoleh ketuntasan individual 18 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 90%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya setting koopeartif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas  SMP Negeri 3 Duampanua Kabupaten Pinrang.

Referensi

Falah, Irfan Fajrul. 2014. Model Pembelajaran Tutorial Sebaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim. Volume 12 Nomor 2 Tahun 2014.

Hidayanto, M. T. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring Tutor Sebaya Untuk Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video Kelas Xii Multimedia 1 Di Smk Negeri 1 Singgahan Oleh : Mukhamad Taufiq Hidayanto Program Profesi Guru Dalam Jabatan.

Idrus, Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.4

Indriani, A. M. F., & Mutmainnah, S. (2016). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.26675/jabe.v2i2.6057

Mukhlis, A. (2016). Pembelajaran Tutor Sebaya: Solusi Praktis Dalam Rangka Menyongsong Pembelajaran Sastra Yang Menyenangkan Bagi Siswa SMP. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 68–72. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.93

Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.

Purwantati, Y. R. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Skalar Dua Vektor. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3),385–394. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16313

Rahayu, T. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 163–176. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.290

Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Mas P. Sanjata, A. R., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Setting Kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118–125. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i2.30

Terbitan

Bagian

Artikel