Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.3Kata Kunci:
Hasil Belajar PAI, Tipe Course Review Horay, Metode KooperatifAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (i) aktivitas belajar PAI yang diajarkan dengan Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas V UPT SDN 116 Pinrang (ii) hasil belajar PAI yang diajarkan dengan Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas V UPT SDN 116 Pinrang (iii) perbedaan hasil belajar PAI yang diajarkan dengan Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas V UPT SDN 116 Pinrang. Objek Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 116 Pinrang dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V sebanyak 26 yang terdiridari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya menggunakan siklus yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II untuk setiap siklusnya mengikuti langkah-langkah secara garis besar terdapat empat tahapan yang digunakan dimulai dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflex. Data dianalisi menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Dari hasil tes PAI siswa pada siklus I masih terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah standar, yakni ada 21 orang siswa yang berada dalam kategori tidak tuntas dan hasil belajarnya masih dalam kategori sedang dan rendah. Skor siswa yang tidak tuntas disebabkan karena mereka tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes tersebut. Siswa yang memperoleh hasil tidak tuntas ini diberikan perhatian dan bimbingan khusus. Hasil yang telah dicapai setelah pelaksanaan tindakan melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay ini mengalami peningkatan. Sehingga perlakuan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan ketuntasan belajar PAI siswa.
Referensi
Ali Nugraha, 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas terbuka
Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.
Arifin 1999. Evaluasi Intruksional Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Arikunto,S. Suharjono. dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Rustaman, Nuryani.dkk. 2011.Materidan PembelajaranPAI SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sapriati. Dkk. 2014 Materi pokok Pembelajaran PAI di SD.,1-9/ PDGK 4202/3 sks-cet 17;ed tanggerang: Universitas Terbuka
Sikdiknas 2009 Undang-undang Sistem Budiarti, Luh Putu Yudha, Gede Raga,
Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. e- Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. PekanBaru: Pustaka Pelajar
Kulsum, Umi. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM, Surabaya: Gena Pratama Pustaka.
Nurwahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Peter, Ogundola,A. Popoola, andO. oke Jonathan. 2010. Effectof Constructivis Instructional Approach on Teaching Pratical Skill sto Mechanical Related Trade Studentsin Western Nigeria Techical Collages. Internationa lNGO Journal Vol. 5(3), pp. 059-064, March 2010.
Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Srini M. Iskandar. 2001. Pendidikan PAI. Babdung: Maulana
Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung:Tarsito
Sudrajat 2008. Pengertian Pendekaan, Strategi, Metode, Tekhni, dan Model Pembelajaran
Suprijono, Agus, (2013) Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ishak Ishak, Sulaiman Sulaiman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.