Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.3

Kata Kunci:

Hasil Belajar PAI, Tipe Course Review Horay, Metode Kooperatif

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini adalah  Untuk  mengetahui: (i) aktivitas belajar  PAI  yang  diajarkan dengan Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas V UPT SDN 116 Pinrang (ii) hasil belajar PAI yang diajarkan dengan Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas V UPT SDN 116 Pinrang (iii) perbedaan hasil belajar PAI yang diajarkan dengan Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas V UPT SDN 116 Pinrang. Objek Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 116 Pinrang dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V sebanyak 26 yang terdiridari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa  perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana  dalam prosesnya menggunakan siklus yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II untuk setiap siklusnya mengikuti langkah-langkah secara garis besar terdapat empat tahapan yang digunakan dimulai dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflex. Data dianalisi menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Dari hasil tes PAI siswa pada siklus I masih terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah standar, yakni ada 21 orang siswa yang berada dalam kategori tidak tuntas dan hasil belajarnya masih dalam kategori sedang dan rendah. Skor siswa yang tidak tuntas disebabkan karena mereka tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk  menghadapi tes tersebut.  Siswa yang memperoleh  hasil tidak  tuntas ini diberikan perhatian  dan  bimbingan  khusus. Hasil yang telah dicapai setelah pelaksanaan tindakan melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay ini mengalami peningkatan. Sehingga perlakuan ini memberikan  dampak  positif  terhadap  peningkatan  ketuntasan  belajar  PAI siswa.

Referensi

Ali Nugraha, 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas terbuka

Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.

Arifin 1999. Evaluasi Intruksional Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Arikunto,S. Suharjono. dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Rustaman, Nuryani.dkk. 2011.Materidan PembelajaranPAI SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sapriati. Dkk. 2014 Materi pokok Pembelajaran PAI di SD.,1-9/ PDGK 4202/3 sks-cet 17;ed tanggerang: Universitas Terbuka

Sikdiknas 2009 Undang-undang Sistem Budiarti, Luh Putu Yudha, Gede Raga,

Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. e- Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. PekanBaru: Pustaka Pelajar

Kulsum, Umi. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM, Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Nurwahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Peter, Ogundola,A. Popoola, andO. oke Jonathan. 2010. Effectof Constructivis Instructional Approach on Teaching Pratical Skill sto Mechanical Related Trade Studentsin Western Nigeria Techical Collages. Internationa lNGO Journal Vol. 5(3), pp. 059-064, March 2010.

Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Srini M. Iskandar. 2001. Pendidikan PAI. Babdung: Maulana

Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sudrajat 2008. Pengertian Pendekaan, Strategi, Metode, Tekhni, dan Model Pembelajaran

Suprijono, Agus, (2013) Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-15

Cara Mengutip

Ishak, I., & Sulaiman, S. (2022). Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 22–34. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.3

Terbitan

Bagian

Artikel