PENGEMBANGAN BUKU CERITA “SADANUH” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG DAKWAH NABI NUH AS
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.233Kata Kunci:
Agama, Buku Cerita, Media PembelajaranAbstrak
Perangkat pembelajaran memiliki peranan yang sangat krusial sebagai pendukungndalam proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru di ruang kelas. Namun, dalam praktiknya banyak guru yang hanya mengandalkan buku teks dari kurikulum Kemdikbud, sehingga proses pembelajaran di kelas seringkali terhambat akibat kurangnya efektivitas penyampaian materi konten yang kurang menarik bagi siswa sd oleh guru. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan serta efektivitas penggunaan Buku Cerita Digital "SADANUH" dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang Kisah Dakwah Nabi Nuh AS di Kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan model Design and Depelopment (D&D) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Manangga dengan sampel yang berjumlah 20 siswa serta seorang guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Buku Cerita Digital "SADANUH" mampu meningkatkan pemahaman, keterlibatan serta literasi digital siswa pada materi Kisah Dakwah Nabi Nuh AS. 75% siswa paham materi, 80% menilai menarik, dan 50% menyatakan mudah digunakan. Keterlibatan siswa juga tinggi selama pembelajaran. Hampir keseluruhan subjek penelitian menyatakan bahwa Buku Ceri Digital "SADANUH" lebih menarik dari buku teks biasa. Sehingga, Buku Cerita Digital "SADANUH" sangat sesuai digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Referensi
Abidin, Z. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20.
Abulyatama, U. (2024). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL, 8(2), 901–916.
Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214.
Alamsyah, N., Ahmad, I. I., Susilawati, A., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan E-Book Interaktif “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak SD Kelas 6. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1249–1272.
Asyikin, N., & Sapri, S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di MIS Mutiara Sei Mencirim. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 657–665
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220.
Fitriani, R. A., Aeni, A. N., Nur’Azizah, R., & Ramadhanty, A. R. (2023). Pengembangan E-Book BUDINKAH (Buku Digital Infaq dan Sedekah) sebagai Media Pembelajaran PAI untuk Siswa Kelas VI SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 812.
Gunadi, R. P., Zulaikha, Z., Nugraha, F. R., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan Komik Ecopet (E-Comic Calon Pemimpin Teladan) sebagai Media dalam Mengenalkan Politik Islam pada Siswa Kelas VI SD. Fondatia, 7(2), 457–469.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Putra, D. E., Agustini, H., Ridhania, D. S., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan E-Book BDSM (Buku Dakwah Siswa Milenial) Sebagai Media Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3), 1174.
Pocmat, M., Bangun, M., Kelas, D., & Sd, I. I. I. (2024). Pengembangan media pembelajaran pocket book mathematic (pocmat) materi bangun datar kelas iii sd, 8, 263–277.
Rahayu, A. P. (2023). Meraih Puncak Prestasi: Perangkat Pembelajaran yang Tepat sebagai Kunci Keberhasilan Siswa.
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sinta Nur Anisa, Cicha Wulan Sari, Nayla Fatimah Azzahra, Ani Nur Aeni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.