DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DAN KELUARGA

Penulis

  • Abdullah Thahir Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Nurul Dwifadhila Hani Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Mawardi Jalil Masri STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.140

Kata Kunci:

Interaksi Sosial, Keluarga, Media Sosial, Peserta Didik, Teknologi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap pola interaksi sosial peserta didik di sekolah dan keluarga. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi, pola komunikasi dan relasi sosial mengalami perubahan yang signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam terhadap 10 peserta didik di SMP Negeri 10 Pinrang. Observasi dilakukan untuk memahami bagaimana peserta didik berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan keluarga, sementara wawancara menggali pengalaman subjektif mereka terkait perubahan interaksi sosial akibat teknologi. Penelitian ini melengkapi studi sebelumnya dengan memberikan perspektif mendalam mengenai dampak sosial dari penggunaan teknologi dalam kehidupan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi tatap muka semakin berkurang dan tergantikan oleh interaksi digital melalui media sosial serta aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Meskipun teknologi mempermudah akses informasi dan komunikasi jarak jauh, keterlibatan sosial langsung cenderung menurun. Ketergantungan pada media sosial juga berisiko melemahkan hubungan interpersonal dan meningkatkan isolasi sosial. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya keseimbangan dalam penggunaan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan regulasi dan bimbingan dari keluarga serta sekolah agar peserta didik dapat menggunakan teknologi secara bijak tanpa mengorbankan interaksi sosial langsung. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya strategi konkret dalam membangun kesadaran peserta didik akan pentingnya interaksi sosial, seperti penerapan kebijakan penggunaan teknologi di sekolah dan kegiatan berbasis interaksi langsung dalam keluarga.

Referensi

Agustina, A. P. (2023). Perubahan Pola Komunikasi Keluarga di Era Digital. 6(2), 73–80.

Razak. (2024). wawancara pribadi oleh penulis [September].

Detya, W., Anggi, Y. I., & Juan, F. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Perubahan Gaya Hidup Pada Masyarakat Indonesia. In Search, 23–34.

Egi Regita, Nabilah Luthfiyyah, & Nur Riswandy Marsuki. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Persepsi Diri dan Pembentukan Identitas Remaja di Indonesia. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.830

Fajriah, T., & Ningsih, E. R. (2024). Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Interaksi Sosial Di Era Digital. Merdeka Indonesia Jurnal International, 4(1), 149–158.

Hasnawiah dan Abd. Gani. (2024). wawancara pribadi oleh penulis[September].

Ilam, T. S. (2022). Media Sosial dan Perubahan Pola Interaksi Sosial Generasi Millenial Pedesaan (Studi di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Indraswari, I. G. A. A. P., & Sumantri, I. A. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Denpasar. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 72–80.

Juleha, J., Yuniar, J., & Marsuki, N. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Dinamika Opini Publik dan Partisipasi Politik Era Digital. Concept: Journal Of Social Humanities And Education, 3(1), 38–45.

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023a). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(12), 41–50.

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023b). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek, 1(12), 41–50. https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1311

Oktavianti, D. (2024). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI 4 PONTIANAK. IKIP PGRI PONTIANAK.

Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083

Rabbani, D. A., & Najicha, F. U. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia. Researchgate.Net, November, 0–13. https://www.researchgate.net/profile/Dana-Rabbani/publication/375525102_Pengaruh_Perkembangan_Teknologi_terhadap_Kehidupan_dan_Interaksi_Sosial_Masyarakat_Indonesia/links/654dcc8dce88b87031d8db65/Pengaruh-Perkembangan-Teknologi-terhadap-Kehidupan-dan-Inte

Rabbani, D., & Najicha, F. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia. Researchgate. Net, 0–13.

Redha, H. (2023). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perubahan Perilaku Remaja: Studi Kasus Di Desa Paya Dapur, Aceh Selatan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Rombe, R. (2022). Pengaruh Perkembangan Teknologi Media Sosial bagi Pembentuk Karakter Anak dalam Pendidikan.

Siti Nurhalisa dan Ilham. (2024). wawancara pribadi oleh penulis[September].

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155–159.

Yusniah, Y., Putri, A., & Simatupang, A. (2022). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 330–337. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2460

Zulham. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Menentukan Keberhasilan Dunia Perusahaan Industri. Jurnal Warta, 53(9), 1689–1699.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-13

Cara Mengutip

Thahir, A., Hani, N. D., & Masri, M. J. (2025). DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DAN KELUARGA. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(1), 13–26. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.140

Terbitan

Bagian

Artikel