ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SMA KELAS X SHALAHUDDIN KOTA PASURUAN

Penulis

  • Risa Chusniah Universitas PGRI Wiranegara
  • Maya Rayungsari Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.123

Kata Kunci:

Analisis Kebutuhan, Penggunaan Media Pembelajaran, Teknologi

Abstrak

Matematika adalah mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Kesulitan ini tidak jarang karena sifat abstrak dari konsep matematika yang membutuhkan pemahaman mendalam. Oleh sebab itu, analisis kebutuhan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran matematika diharapkan  bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi mengatasi kesulitan tersebut sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini akan menganalisis kebutuhan terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk siswa kelas X SMA Shalahuddin Kota Pasuruan. Diharapkan melalui penelitian ini, dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efisien dan efektif melalui pemanfaatan teknologi, serta memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah dan pemangku kepentingan terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil penelitian meliputi peserta didik tidak menyukai pelajaean matematika dikarenakan membosankan,dan sulit, siswa menginginkan dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dan permainan agar tidak merasa bosan, fasilitias kurang memadai sehingga jarang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Untuk itu perlu upaya upaya bersama antara sekolah, guru, dan pihak terkait untuk meningkatkan kesiapan dalam menggunakan teknologi. Pelatihan rutin bagi guru dan siswa, alokasi anggaran untuk fasilitas teknologi, dan pengembangan materi pembelajaran berbasis teknologi secara bertahap dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika melalui media teknologi di SMA Shalahuddin Kota Pasuruan.

Referensi

Agustini, Ketut, and Jero Gede Ngarti. 2020. “Pengembangan Video PemAgustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (April 2020): 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752.

Ardiansyah, Abd. Aziz, and Nana Nana. 2020. “Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 3 (1): 47. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245.

Citra, Cahyani Amildah, and Brillian Rosy. 2020. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (2): 261–72. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272.

Ega, Alma, Putri Nurrawi, Aulia Tu Zahra, Dewi Aulia, Griet Greis, and Sahrul Mubarok. 2023. “Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1): 29–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2449.

Fitri, Azela, and Darhi Darhi. 2023. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7 (2): 2002–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2267.

Hansen, Seng. 2020. “Investigasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi.” Jurnal Teknik Sipil 27 (3): 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10.

Ishak, and Sulaiman. 2022. “Hasil Belajar PAI Melalui Metode Kooperatif Tipe Course Review Horay.” Al-Irsyad: Journal of Education Science 1 (1): 22–34. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.3.

Lestandy, Merinda, Lailis Syafaah, and Amrul Faruq. 2022. “Peningkatan Kompetensi Guru Tk Aba 16 Malang Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Di Bidang Tik (Teknologi Informasi Dan Komputer).” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (3): 1338–44. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7543.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11 (1): 9–16.

Nu’man, Ahmad Zanin. 2013. “Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo).” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Oktavia, Fir Tri Ajeng, Dina Maharani, and Khoirul Qudsiyah. 2023. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMKN 2 Pacitan Problems With Implementing The Independent Learning Curriculum In Mathematics Learning At SMK Negeri 2 Pacitan.” Jurnal Edumatic 4 (2): 14–23.

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, Widiatry Widiatry, Ressa Priskila, and Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. 2019. “Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online.” Jurnal Sains Dan Informatika 5 (2): 128–37. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Radiusman, Radiusman. 2020. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6 (1): 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.

Rahmawati, S, and K Nurachadija. 2023. “Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan.” Bersatu:Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1 (5): 01–12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303.

Zuraidah, Zuraidah, Tri Hariyati Nur Indah Sari, and Suci Yuniarti. 2020. “Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Balikpapan.” Inspiramatika 6 (1): 1–7. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v6i1.1922.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Chusniah, R., & Rayungsari, M. . (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SMA KELAS X SHALAHUDDIN KOTA PASURUAN. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.123

Terbitan

Bagian

Artikel