ANALISIS KEBUTUHAN PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MEMFASILITASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.125Kata Kunci:
Audio Visual, Media Pembelajaran, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penerapan media audio visual dalam memfasilitasi pembelajaran matematika di SMA Shalahuddin Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket yang disebarkan kepada siswa menggunakan Google Formulir. Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa lebih mudah memahami konsep matematika ketika materi disampaikan melalui media audio visual. Sebanyak 90% siswa setuju bahwa media audio visual membantu mereka mengingat konsep matematika dengan lebih baik, dan 80% siswa merasa lebih percaya diri dalam memecahkan masalah matematika setelah penggunaan media tersebut. Analisis data juga mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa perlu adanya penerapan media audio visual di SMA Shalahuddin Pasuruan. Untuk mendukung hal tersebut, disarankan agar sekolah meningkatkan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran matematika, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, serta mengadakan pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penggunaan media tersebut. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kualitas pembelajaran matematika di SMA Shalahuddin Pasuruan dapat meningkat secara signifikan.
Referensi
Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Pythagoras Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 87. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90
Darwata, S. R., & Handican, R. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Persepsi siswa terhadap penggunaan media audio-visual pada pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 3(2014), 372. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Diana, L., & Maharani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Teknik Tutorial Berbasis Kemampuan Konseptual Pada Mata Pelajaran Integral. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i1.333
Fauziyah, N., Wahyuningsih, E. D., & Sina, I. (2021). Pengaruh Pemberian Kuis Pada Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JIPMat, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9307
Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 254–261. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10268
Ismiyati, E., Supriadi, S., & Adji, S. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Media Audio Visual Dan Pendekatan Kontekstual Serta Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1141–1147. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16529
Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400
Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 257–266.
Silvia, M., Sutrisno, J., & Partasiwi, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Semester Genap Upt Smp Negeri 35 Bandar Lampung. Jurnal Mahasiswa Pendidikan MAtematika, 1–10.
Sudianto, S., Hariri, D. D., & Wibowo, R. I. S. (2023). Implikasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 573–579. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.8718
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aisyah Aisyah, Maya Rayungsari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.