PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.49Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika, Kebiasaan Belajar, Kepercayaan DiriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masing-masing pengaruh dan besar pengaruh antara kebiasaan belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 2 Narmada tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kebiasaan belajar dan kepercayaan diri, dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMAN 2 Narmada dengan jumlah 39 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan analisis korelasi parsial serta regresi linier sederhana yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) kebiasaan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan besar pengaruh sebesar 11,2%; 2) kepercayaan diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan besar pengaruh sebesar 11,1%.
Referensi
Agustyaningrum, N. & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 27 batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 182-188.
Ahmad, A. K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79-87.
Anis, Y. (2017). Hubungan antara kebiasaan belajar efektif dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 15(2), 101-120.Berutu, M. H. A. & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-115.
Berutu, M. H. A. & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-115
Budiana, S., Devi, R., & Karmila, N. (2020). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 70-73.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Eviliasmi, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa SMP kelas VIII di kota cimahi pada materi bangun datar segi empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 333–346.
Herliani., Boleng. D. T., & Maasawet. E. T. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–94.
Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.
Lestari, G. P., Hayati, L., Kurniawan, E., & Amrullah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 748-756.
Meidiastuti, R. A. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Suruh. Semarang: Universitas Kristen Satya Wacana Press.
Mildawani. (2014). Membangun Kepercayaan Diri. Jakarta: Lestari Kiranatama.
Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen (Panduan Penelitian, Mahasiswa, Dan Psokometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., Surahmat, Z., & Nur, S. (2022). The Washback of Intensive TOEFL Training Program (ITTP) on Student’s Learning Motivation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 593-597.
Septiani, D. R. & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 141-148.
Siagin, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.
Soeprianto, H. (2009). Penerapan pembelajaran nilai-nilai yang terintegrasi dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Educatio, 4(2), 29-37.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rina Ardianti Rukmana, Sripatmi Sripatmi, Nilza Humaira Salsabila , Laila Hayati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.