PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.50Kata Kunci:
Jenis Kelamin, Pemahaman Konsep, Ruang Sisi DatarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2021/2022 pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik yang berjumlah 320 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pemahaman konsep dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa perempuan berkategori tinggi sebanyak 9,37%, berkategori sedang sebanyak 50% dan berkategori rendah sebanyak 3,12%. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa laki-laki berkategori tinggi sebanyak 3,12%, berkategori sedang sebesar 18,75% dan berkategori rendah sebesar 15,62%. Perempuan lebih memahami konsep matematika dibandingkan dengan laki-laki, ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang didapat siswa perempuan lebih tinggi yakni 64,00 sedangkan siswa laki-laki hanya 56,69. Serta saat dilakukannya wawancara siswa perempuan lebih dominan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan peneliti.
Referensi
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1193-1202.
Ainani, A. F. (2017). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Ditinjau dari Pemahaman Konsep Pada Siswa SMP Kelas VIII. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 38-49.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 12(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arkham. (2014). Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Ruang Di SMP Negeri 4 Surabaya Berdasarkan Perbedaan Gender. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Dewi, Y. M., Sarjana, K., Junaidi., Azmi, Syahrul. (2021). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram. 1 (3), 412-420. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.77
Hendriana, & Soemarmo. (2014). Penilaian Pendidikan Matematika. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis Of Student ’ s Conceptual Understanding Of Mathematics On Set At Class VII SMP Frater Palopo Conceptual Understanding of Mathematics. Proceedings of ICMSTEA 2016 : International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and Their Applications, Makassar, Indonesia, October, 96–102.
Jumrah, J. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V Sdn 186 Lembang. Histogram, 1(1), 12-26.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Kesumawati, N. (2017). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang 2017. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6928
Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517
Maulana, A., Sripatmi, Junaidi., Kurniati, N. (2020). Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020. GRIYA: Journal of Mathematics Education and Application Universitas Mataram, 1(1), 29-35. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.8
Nurdianti., Prayitno, S., Amrullah., Kurniati, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram Terhadap Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 1 (4), 610-620. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.119
Prihadi, A., dkk. (2021). Pengaruh Jenis Kelamin Pada Penerapan Model Outdoor Learning Terhadap Motivasi Mahasiswa Geografi IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia STKIP Singkawang, 6(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2097
Sari, E. W., Sridana, N., Hayati, L., Hikmah, N. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2 (2), 537-546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : CV Alfabeta.
Suhardin. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Peneltiian Pendidikan Agama dan Keagamaan Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta, 14(1):117-132. https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.15
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A Chapter Review: Selecting Language For Materials Writing:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Triyadi, R. (2013). Kemampuan Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Universitas Pendidikan Indonesia
Turmuzi, M., Kurniati, N., Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (1), 25-37. http://dx.doi.org/10.20527.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Intan Lestari, Sudi Prayitno, Baidowi Baidowi, Sripatmi Sripatmi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.