PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.319Kata Kunci:
Adversity Quotient (AQ), Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan Adversity Quotient (AQ) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025 baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto (kausal komparatif). Populasi penelitian ini adalah 435 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel sebanyak 105 orang siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kecerdasan logis matematis, angket Adversity Quotient (AQ), dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisi inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dengan kontribusi sebesar 35,1%; 2) terdapat pengaruh yang positif antara Adversity Quotient (AQ) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dengan kontribusi sebesar 23,1%; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis Adversity Quotient (AQ) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dengan kontribusi sebesar 47,7%.
Referensi
Agustina, A., Azmi, S., Novitasari, D., & Sripatmi. (2025). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 91–90. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10356
Alfianita, A., Sarjana, K., Azmi, S., & Kurniati, N. (2024). Pengaruh Kecerdasan Logis dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 4586–4599.
Anggraeni, P., Saripudin, & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Soal Problem Solving. MAJU, 7(2), 204–211.
Annikmah, I., Darminto, B. P., & Darmono, P. B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 106–113. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2578
Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122
Fikriaini, S. H., Bambang, R., & Hasbi, M. (2024). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Peluang, 12(2), 49–58. https://doi.org/10.24815/jp.v12i1.35863
Indaswari, N., Azmi, S., Novitasari, D., & Sarjana, K. (2022). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 722–730. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.329
Izzati, L., & Utami, R. (2024). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 45–54.
Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh Adversity Quotient dan Task Commitment Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2024). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2024.
Khatami, M. F., Sridana, N., Hayati, L., & Amrullah, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Kompetitif Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 214–225. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.146
Khotimah, D. K., Amrullah, Baidowi, & Sridana, N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Meneyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2022/2025. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 3990–3999. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10303
Mu’minah, Z., & Wibowo, T. U. A. (2024). Peranan Ilmu Matematika dalam Kehidupan Sehari – Hari. Prosiding Forum Matematika (Format), 1(1), 28–32.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nengsih, Y. G., & Samosir, K. (2020). Matematika Diskrit. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Nurrahmi, D., Setiani, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2025). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 8(1), 176–181. https://jurnal.peneliti.net/index.php/IJEIT/article/view/11154
Prasetyo, M. A., Hayati, L., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2024). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) Terhadap Kemampuan Literasi Statistis Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 772–786.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan.
Rahmi, D., Putra, M. A., & Kurniati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 85–94. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13306
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta,cv.
Wahidaturrahmi, W., & Baidowi, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Fisika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Myers-Briggs. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 4(2), 90–99. https://doi.org/10.29303/jm.v4i2.4567
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siska Wulandari, Laila Hayati, Dwi Novitasari, Muhammad Turmuzi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.