PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIVISME

Penulis

  • Mirzanul Afidati Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Putri Nur Malasari Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.67

Kata Kunci:

Belajar Bermakna, Teori Bruner, Teori Kognitif

Abstrak

Artikel saat ini membahas penggunaan teori kognitif dalam pendidikan matematika, khususnya teori Bruner, berdasarkan studi literatur yang relevan dengan tujuana untuk mengetahuai sebuah masalah, mencari informasi yang relevan, dan mengkaji teori kognitif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang menggunakan teknik analisis konten. Hasil kajian membuktikan bahwa: (1) Pembelajaran matematika yang bermakna adalah pembelajaran yang memperhatikan perkembangan anak dan mampu mentransfer pengetahuan (transfer of skill). (2) Teori pendidikan harus dapat menghubungkan sesuatu yang ada sekarang dengan bagaimana menghasilkan sesuatu.  (3) Teori pembelajaran sangat mempengaruhi proses pembelajaran. (4) Teori kognitivisme lebih memperhatikan proses belajar daripada hasil dan perilaku manusia tidak dikendalikan oleh “reward” dan “reinforcement”. (5) Menurut Bruner, pembelajaran penemuan melibatkan tiga fase perkembangan kognitif seseorang yang berbeda, yaitu fase enaktif, ikonik, dan simbolik. (6) Sesuai dengan pandangan Bruner, proses pembelajaran yang bermakna dapat dicapai dengan sukses melalui ketiga tahapan tersebut, yang tidak tergantung pada usia siswa.

Biografi Penulis

Mirzanul Afidati, Institut Agama Islam Negeri Kudus

 

 

 

Putri Nur Malasari, Institut Agama Islam Negeri Kudus

 

 

Referensi

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28-34.

Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/528/445

Aswad, M., & Sardi, A. (2023). The Discourse Analysis of Diction Effects on Teachers Used in Teaching English as a Foreign Language. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2647-2654.

Basyir, M. S., Aqimi Dinana, & Diana Devi, A. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.12

Bruner, T. B. (1997). Unit 1. 1–38.

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Gazali, R. Y., & Atsman, F. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 123–134.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141.

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.

Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.

Nila, N. (2021). Implementasi Teori Kognitif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Kelas 5. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 47–50. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.825

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Pambudi, G. A., Widada, W., Nirwana, N., & Herawaty, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 5(1), 91–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Purnomo, F. S. (2022). Teori Belajar Bruner Dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353

Rahmadani, A., Wandini, R. R., & ... (2022). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society …, 2(1), 427–433.

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2020). Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 945–949. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2569%0Ahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2569/1945

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi Budaya Melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah Euis Eti Rohaeti *) Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147.

Salsabila, N. H. (2017). Proses kognitif dalam pembelajaran bermakna. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya II, Knpmp Ii, 434–443. http://hdl.handle.net/11617/8830

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.

Sardi, A., Surahmat, Z., & Nur, S. (2022). The Washback of Intensive TOEFL Training Program (ITTP) on Student’s Learning Motivation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4).

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI / SD (Issue 57). https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Afidati, M., & Nur Malasari, P. . (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIVISME. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.67

Terbitan

Bagian

Artikel