ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI

Penulis

  • Marisa Puspa Hanan Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64

Kata Kunci:

Geometri, Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Abstrak

Geometri merupakan cabang matematika yang mengajarkan konsep bangun datar dan bangun ruang. Konsep geometri bersifat abstrak sehingga membutuhkan pemahaman dan penalaran yang tinggi. Untuk itu, konsep geometri bisa diajarkan di sekolah dasar dalam bentuk konkret, semi konkret, dan abstrak secara bertahap. Namun, masih banyak siswa di sekolah dasar yang merasa kesulitan saat mempelajari materi geometri karena beragam alasan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa pada materi geometri. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 5 orang siswa kelas VI SDN 164 Pekanbaru dan 5 orang siswa kelas VI SD Babussalam Pekanbaru. Prosedur pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada materi geometri. Kesulitan tersebut berupa kesulitan menggunakan konsep, kesulitan menggunakan prinsip, dan kesulitan menyelesaikan masalah-masalah verbal. Penyebab munculnya kesulitan belajar geometri timbul dari ketidakmampuan siswa maupun metode pengajaran guru yang belum sesuai dengan permasalahan siswa.

Biografi Penulis

Marisa Puspa Hanan, Universitas Riau

 

 

Jesi Alexander Alim, Universitas Riau

 

 

Referensi

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28-34.

Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (Kreano), 11(1), 27–35.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39-50.

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Kholiyanti, A. (2018). Pembelajaran Matematika Dari Konkrit Ke Abstrak Dalam Membangun Konsep Dasar Geometri Bagi Siswa Sekolah Dasar. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 40–46.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Press 2020.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa.

Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145–156.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.

Sardi, A., Surahmat, Z., & Nur, S. (2022). The Washback of Intensive TOEFL Training Program (ITTP) on Student’s Learning Motivation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4).

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162.

Suharjana, A. (2008). Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. In Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suharjana, A., Markaban, & WS, H. (2009). Geometri Datar dan Ruang di SD. In Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Metaethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64

Terbitan

Bagian

Artikel