PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI KESEBANGUNAN MELALUI ALAT PERAGA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.48Kata Kunci:
Bahan Ajar, Kesebangunan, Penguasaan, MatematikaAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan bahan ajar matematika khususnya materi kesebangunan pada siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Enrekang melalui alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dan setiap Siklusnya dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan termasuk tes setiap akhir siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes penguasaan materi kesebangunan pada setiap akhir siklus, observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa diberikan pada akhir Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Adapunhasil penelitian yaitu: a). Meningkatkan penguasaan materi kesebangunan oleh siswa, hal ini dapat dilihat dari meningkatkan skor rata-rata hasil tes yaitu pada tes Siklus I sebesar 65,64 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 7,239 meningkat menjadi 73,28 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 8,379 pada Siklus II. b). Terjadi peningkatan keaktifan dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian. c). Pembelajaran dengan menggunakan alat paraga dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bermakna bagi siswa, hal ini sesuai dengan hasil refleksi berdasarkan tanggapan siswa. Dari hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan penguasaan materi kesebangunan pada siswa.
Referensi
Ahmad, A. K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79-87.
Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40-51.
Arif S. Sadiman, 2003. Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Depdiknas, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamzah B. Uno, 2007. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harum,Suriyanti, 2019. Peningkatan Penguasaan Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Realistic Siswa Kelas V SD Inpres Antang 1 Makasar.Makasar: Skripsi FMIPA UNM.
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Ishak, & Rosita. (2022). Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.13
Jumrah, & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.15
M. Dahlan. Y. AL. Barry, 2003. Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya: Target Press.
Razzaq, A., & Nurnaifah, I. I. (2022). PENINGKATAN Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 24-37.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Suherman, H. Erman. Dkk, 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A Chapter Review: Selecting Language For Materials Writing: (The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rustiani S, Suarti Djafar, Hafsyah Hafsyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.