EKSPLORASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.361Kata Kunci:
Geometri, Pemahaman Matematika, RepresentasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari tingkat pemahaman matematika. Representasi matematika merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki dalam memahami konsep dan menyelesaikan permasalahan matematika, khususnya pada materi geometri yang selama ini dianggap cukup kompleks. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa dengan kategori pemahaman matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan representasi matematika dan wawancara mendalam untuk menggali lebih jauh strategi serta bentuk representasi yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan tingkat pemahaman matematika tinggi dan sedang cenderung mampu menggunakan multiple representation secara lengkap, yaitu representasi dalam bentuk gambar, visual, kata atau teks tertulis, serta persamaan atau ekspresi matematika. Hal ini mencerminkan adanya pemahaman konsep yang baik dan kemampuan mentransformasikan ide matematika ke dalam berbagai bentuk representasi. Sebaliknya, mahasiswa dengan tingkat pemahaman rendah menunjukkan keterbatasan dalam menggunakan berbagai bentuk representasi, di mana representasi persamaan atau ekspresi matematika cenderung tidak muncul. Temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat pemahaman matematika sangat berpengaruh terhadap kelengkapan dan keberagaman representasi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan penting dalam proses pembelajaran matematika di perguruan tinggi.
Referensi
Amaliyah, R. (2017). Kemampuan representasi dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 123–135.
Amaliyah, R., & Mahmud, A. (2018). Representasi matematika dalam pembelajaran geometri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 25–35.
Ambarwati, F., Setiawan, H., Akbar, R., & Afrilianto, R. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 109–118.
Anggoro, M. (2016). Pengaruh perbedaan karakteristik individu terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 45–55.
Aryanti, A., Zubaidah, S., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Pendidikan, 3(2), 77–85.
Astuti, R. (2017). Representasi matematis dalam pembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 87–94.
Cahdriyana, Y., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Kemampuan representasi dan koneksi matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24.
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–16.
Ferdianto, F., & Ghanny, I. (2011). Jenis pemahaman matematika menurut Bloom dan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 88–95.
Hanifah, S., & Sutriyono, S. (2018). Konstruksi sosial dan pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan, 8(1), 54–62.
Hartati, S., Hayati, S., & Zanthy, R. (2019). Pemahaman konsep matematika melalui pendekatan konstruktivisme. Jurnal Edukasi Matematika, 10(1), 60–68.
Hartono, R., Firdaus, H., & Sipriyanti, M. (2019). Pengembangan kemampuan representasi dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 132–138.
Herdiman, M., Jayanti, L., Pertiwi, R., & Naila, F. (2018). Kemampuan representasi visual siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 25–30.
Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Pentingnya pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Matematika, 4(2), 143–149.
Kurniawan, R. (2011). Pemahaman konsep matematika sebagai dasar berpikir logis. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 35–42.
Kurniasi, N. (2016). Pemahaman siswa terhadap konsep matematika melalui model pembelajaran diskusi kelompok. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 98–105.
Marufi, M., Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pentingnya penguasaan geometri dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 150–158.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan representasi matematis dalam penyelesaian masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 76–82.
Pasandaran, R. F. (2019). Strategi representasi dalam pembelajaran geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 63–71.
Rosita, A., Laelasari, I., & Noto, M. S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep. Jurnal Kreano, 5(2), 157–165.
Ruswana, I. (2019). Hubungan antara pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 42–50.
Santoso, H. (2019). Peningkatan kemampuan pemahaman melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 115–123.
Siregar, R. D., & Handayani, L. (2019). Pemahaman matematika siswa dalam pembelajaran kolaboratif. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 22–30.
Surya, E., & Istiawati, I. (2016). Kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis pendekatan metakognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 49–58.
Syafri, M. (2017). Representasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 58–65.
Syarifah, N. (2017). Analisis pemahaman konseptual dalam pembelajaran matematika berbasis masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 20–30.
Utaminingsih, S. (2017). Pendidikan inklusif dan kesetaraan dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 7(2), 101–110.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lisna Lisna, Putriyani S, Nurdin, Suarti Djafar, Hafsyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.