PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB

Penulis

  • Ira Setyawati Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Abdullah Efendi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.364

Kata Kunci:

Hasil Belajar, FPB, KPK, Matematika, Media Dakota

Abstrak

Pembelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB, sering dianggap sulit karena sifatnya yang abstrak padahal materi ini fundamental dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dakota (Dakon Matematika) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 4 Ngeling Pecangaan Jepara. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design, seluruh populasi siswa kelas V yang berjumlah 33 orang dijadikan sampel melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes berupa 22 soal pilihan ganda (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 47 (pretest) menjadi 86 (posttest), serta nilai signifikansi uji Paired Sample T-Test sebesar 0.000 (< 0.05). Hal tersebut membuktikan bahwa media dakota berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, karena mampu menyajikan materi secara interaktif dan konkret, sesuai dengan tahap perkembangan operasional siswa. Oleh karena itu, direkomendasikan bagi pendidik untuk mengintegrasikan media dakota dalam pembelajaran KPK dan FPB guna meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

 

Referensi

Amelia, D. F., et al. (2024). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Media Dakota untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 160 Palembang. Indonesian Research Journa on Education, 4(4), 93-101.

Asri, M. N., & Muthi, I. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Materi KPK dan FPB Menggunakan Dakota (Dakon Matematika). Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(3), 195-203.

Burhanuddin, N. A. N., et al. (2021). Learning Theories: Views from Behaviourism Theory and Constructivism Theory. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(1), 85-98. https://doi.org/10.6007/ijarped/v10-i1/8590

Febriyanti, L., et al. (2023). Pengaruh Media Dakota terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK pada Siswa Kelas IV SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1969-1976.

Haryanto. (2020). Model Pembelajaran Matematika Kreatif. Jakarta: Pustaka Pelajar

Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Development of Light Box 3D Learning Media for Teaching the Properties of Light in Grade V IPAS Subjects at Elementary Schools. Indonesian Journal of Primary Education, 8(2), 165-176. http:/ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 5 Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.710

Khairiyah, U. (2019). Respon Siswa terhadap Media Dakon Matematika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 197-204.

Kumullah, R., & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Dakon MATEMATIKA PADA Materi FPB dan KPK untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV SD Inpres Paccerakkang. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 319-325.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Mahmud, R., Nazaruddin, I., & Sriwati. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Swasta Tanjung Anom Kecamatan Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 78-86.

Muna, N. F., Widiyono, A., & Efendi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13 (2), 151-159.

Munawarah, S., Asyriah, N., & Fitriah, N. (2022). Pengaruh Media Dakon Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Penjumlahan. Mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 410-419.

Rais, M., Nurjannah., & Kaswar, A. B. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Dakota untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi KPK dan FPB. CATIMORE: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 19-25.

Rauf, R., Manahung, M. R., & Saleh, Y. R. (2021). Pengaruh Media Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika FPB dan KPK. Educator: Directory of Elementary Education Journal. 2(2), 139-151.

Sarah, S., dkk. (2021). Pengaruh Media Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi KPK dan FPB di Kelas IV SD Negeri Kuta Japakeh Pidie Jaya. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 457-461.

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517

Sembiring, M., et al. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Dakota terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 064960 Medan Polonia T.P 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional (PSSH), 4, 1-6.

Setyawan, S. R., Fardani, M. A., & Hamim, A. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V pada Materi Sudut Melalui Model STAD Berbantu Media Konkret Jasu (Jam Sudut). Tunas Nusantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 63-74.

Sutriyani, W., & Widiyono. A (2021). Konsep Dasar Matematika. Jepara: UNISNU Press.

Suyitno. (2021). Media Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Trisnawati, D., Sumarno., & Sulianto, J. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Dakota untuk Materi FPB dan KPK Kelas IV SDN 12 Kendari. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 63-72.

Wibowo, D. C., et al. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Dakon Matematika (Dakota). Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 176-185.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-23

Cara Mengutip

Ira Setyawati, Wulan Sutriyani, & Abdullah Efendi. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.364

Terbitan

Bagian

Artikel