ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PLSV

Penulis

  • Stevi Nilam Sari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.192

Kata Kunci:

Analisis, Pemahaman Konsep, PLSV

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi persamaan linear satu variabel (PLSV) di sebuah Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karawang. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian meliputi 35 siswa yang diklasifikasikan ke dalam tiga kategori kemampuan, yaitu tinggi, sedang, dan rendah, berdasarkan hasil tes uraian. Tes tersebut mencakup indikator pemahaman konsep matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator tersebut secara optimal. Sebaliknya, siswa dalam kategori sedang dan rendah masih menghadapi kesulitan, khususnya dalam hal ketelitian, pemilihan rumus yang tepat, serta kemampuan merepresentasikan konsep secara matematis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, memperkuat pemahaman konseptual dasar, serta rutin melaksanakan asesmen formatif guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Referensi

Anisa, R. N., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Aljabar. 2(3), 237–242.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arumsari, W. P. A., & Adirakasiwi. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(3), 1257–1268. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17077

Franciska, T. C., Prihatin, I., & Saputro, M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Materi Plsv Dan Ptlsv. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(1), 9–18. https://doi.org/10.31571/jipp.v2i1.5321

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(2), 123. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i2.43354

Nuriah, S., Aripin, U., & Rohaeti, E. E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Himpunan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(2), 109–120. https://doi.org/10.15642/jrpm.2023.8.2.109-120

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579

Ramadhani A. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SiswaMelalui Pendekatan Pmri Pada Siswa Smp. Tidak Diterbitkan.

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. PLUS MINUS Jurnal Pendidikan Matematika.

Salsyabilla, S., Fitrianti, Y., & Septy, L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Materi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Siswa Kelas VII SMP. 7(2), 73–81.

Sari, E. W., Sridana, N., Hayati, L., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 537–546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173

Serina, Kadarisma, G., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 94. https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.293

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155

Sugihartini, R., Amrullah, Junaidi, & Hayati, L. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII MTS Mu’allimat NW Anjani Tahun Pelajaran 2024/2025. 10, 1–23.

Yunisha, S. F., & Marlina, R. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 9, 171–183.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Sari, S. N., & Adirakasiwi, A. G. . (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PLSV. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 592–602. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.192

Terbitan

Bagian

Artikel