ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PLSV
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.192Kata Kunci:
Analisis, Pemahaman Konsep, PLSVAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi persamaan linear satu variabel (PLSV) di sebuah Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karawang. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian meliputi 35 siswa yang diklasifikasikan ke dalam tiga kategori kemampuan, yaitu tinggi, sedang, dan rendah, berdasarkan hasil tes uraian. Tes tersebut mencakup indikator pemahaman konsep matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator tersebut secara optimal. Sebaliknya, siswa dalam kategori sedang dan rendah masih menghadapi kesulitan, khususnya dalam hal ketelitian, pemilihan rumus yang tepat, serta kemampuan merepresentasikan konsep secara matematis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, memperkuat pemahaman konseptual dasar, serta rutin melaksanakan asesmen formatif guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Referensi
Anisa, R. N., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Aljabar. 2(3), 237–242.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arumsari, W. P. A., & Adirakasiwi. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(3), 1257–1268. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17077
Franciska, T. C., Prihatin, I., & Saputro, M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Materi Plsv Dan Ptlsv. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(1), 9–18. https://doi.org/10.31571/jipp.v2i1.5321
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104
Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(2), 123. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i2.43354
Nuriah, S., Aripin, U., & Rohaeti, E. E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Himpunan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(2), 109–120. https://doi.org/10.15642/jrpm.2023.8.2.109-120
Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
Ramadhani A. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SiswaMelalui Pendekatan Pmri Pada Siswa Smp. Tidak Diterbitkan.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. PLUS MINUS Jurnal Pendidikan Matematika.
Salsyabilla, S., Fitrianti, Y., & Septy, L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Materi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Siswa Kelas VII SMP. 7(2), 73–81.
Sari, E. W., Sridana, N., Hayati, L., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 537–546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173
Serina, Kadarisma, G., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 94. https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.293
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155
Sugihartini, R., Amrullah, Junaidi, & Hayati, L. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII MTS Mu’allimat NW Anjani Tahun Pelajaran 2024/2025. 10, 1–23.
Yunisha, S. F., & Marlina, R. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 9, 171–183.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Stevi Nilam Sari, Alpha Galih Adirakasiwi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.