KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR

Penulis

  • Inara Aisha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.180

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, Kriteria Ketuntasan Minimum, Operasi Hitung Aljabar

Abstrak

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi apakah rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi operasi hitung aljabar lebih tinggi atau lebih rendah dari KKM. Teknik random sampling digunakan untuk memilih 41 siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2024/2025 sebagai sampelnya. Studi ini memperoleh data dari tes kemampuan berpikir kritis siswa berjumlah 2 soal uraian. Hasil penelitian berdasarkan uji-t satu sampel adalah , yakni . Hasil tersebut merepresentasikan bahwa  tidak ditolak, maka rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2024/2025 lebih rendah dari 75. Namun, berdasarkan hasil perhitungan frekuensi nilai kemampuan siswa menunjukkan terdapat 17 siswa berkategori sangat tinggi, 12 siswa berkategori tinggi, 10 siswa berkategori sedang, dan 2 siswa berkategori rendah. Sehingga, perlu adanya sedikit peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, seperti dengan menggunakan soal matematis tingkat tinggi dalam pembelajaran sehari-hari.

Referensi

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi Pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143

Asmedy. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 69–75. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.107

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi Pendahuluan Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 7–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1826

Isniati. (2022). Analisis Kemampuan Critical Thinking Siswa Pada Materi Statistika di SMA Negeri 3 Banda Aceh [Universitas Bina Bangsa Getsempena]. https://repository.bbg.ac.id/handle/1528

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 278–288. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149

Kartin, Y., Arjudin, Novitasari, D., & Laila Hayati. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik. Journal of Classroom Action Research, 5(2000), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4891

Konoras, R. S., Chandra, F. E., & Afandi, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 57. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4307

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Maju, 8(1). https://www.neliti.com/publications/502852/analisis-kemampuan-berpikir-kritis-matematis-siswa-smp-pada-materi-himpunan#cite

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Marissa, E. I., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/sm.v8i1.1924

Mustafa, P. S. (2022). Statistika Inferensial Meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 71. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4166

Nashan, S., Anisa, R. N., Ummah, N., Margaretha, S. M., & Fitryah, A. (2023). Analisis Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode PBL Kelas V di SD 2 Bulong Kulon. Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 2(1), 753–760. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19794

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Antara Siswa yang Mendapat Model Problem-Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83–92. https://doi.org/10.31980/pme.v1i1.1368

Putri, A. D., Ahman, A., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe PISA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185

Saraswati, S. A. M., & Ida Nurhayati. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 241–254. https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.648

Sihotang, M. E., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Didactical Mathematics, 5(2), 282–294. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5907

Sonya, S., Ibrahim, I., & Fatmawati, F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Online. Biopedagogia, 4(2), 58–71. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v4i2.3113

Ucisaputri, N., Nurhayati, N., & Pagiling, S. L. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa SMP Negeri 2 Merauke. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 789. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2919

Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., Sabilah, A. I. (2024). Analisis Data Sampel Menggunakan Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Pendapatan Menggunakan Uji Anova dan Uji T. Ekonomi Dan Bisnis, 2(30218365), 775–785. http://j-economics.my.id/index.php/home/article/view/186

Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-02

Cara Mengutip

Aisha, I., & Adirakasiwi, A. G. (2025). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.180

Terbitan

Bagian

Artikel