KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.180Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis, Kriteria Ketuntasan Minimum, Operasi Hitung AljabarAbstrak
Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi apakah rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi operasi hitung aljabar lebih tinggi atau lebih rendah dari KKM. Teknik random sampling digunakan untuk memilih 41 siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2024/2025 sebagai sampelnya. Studi ini memperoleh data dari tes kemampuan berpikir kritis siswa berjumlah 2 soal uraian. Hasil penelitian berdasarkan uji-t satu sampel adalah , yakni . Hasil tersebut merepresentasikan bahwa tidak ditolak, maka rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2024/2025 lebih rendah dari 75. Namun, berdasarkan hasil perhitungan frekuensi nilai kemampuan siswa menunjukkan terdapat 17 siswa berkategori sangat tinggi, 12 siswa berkategori tinggi, 10 siswa berkategori sedang, dan 2 siswa berkategori rendah. Sehingga, perlu adanya sedikit peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, seperti dengan menggunakan soal matematis tingkat tinggi dalam pembelajaran sehari-hari.
Referensi
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi Pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143
Asmedy. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 69–75. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.107
Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi Pendahuluan Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 7–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1826
Isniati. (2022). Analisis Kemampuan Critical Thinking Siswa Pada Materi Statistika di SMA Negeri 3 Banda Aceh [Universitas Bina Bangsa Getsempena]. https://repository.bbg.ac.id/handle/1528
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 278–288. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149
Kartin, Y., Arjudin, Novitasari, D., & Laila Hayati. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik. Journal of Classroom Action Research, 5(2000), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4891
Konoras, R. S., Chandra, F. E., & Afandi, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 57. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4307
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Maju, 8(1). https://www.neliti.com/publications/502852/analisis-kemampuan-berpikir-kritis-matematis-siswa-smp-pada-materi-himpunan#cite
Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Marissa, E. I., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/sm.v8i1.1924
Mustafa, P. S. (2022). Statistika Inferensial Meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 71. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4166
Nashan, S., Anisa, R. N., Ummah, N., Margaretha, S. M., & Fitryah, A. (2023). Analisis Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode PBL Kelas V di SD 2 Bulong Kulon. Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 2(1), 753–760. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19794
Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Antara Siswa yang Mendapat Model Problem-Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83–92. https://doi.org/10.31980/pme.v1i1.1368
Putri, A. D., Ahman, A., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527
Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe PISA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Saraswati, S. A. M., & Ida Nurhayati. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 241–254. https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.648
Sihotang, M. E., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Didactical Mathematics, 5(2), 282–294. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5907
Sonya, S., Ibrahim, I., & Fatmawati, F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Online. Biopedagogia, 4(2), 58–71. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v4i2.3113
Ucisaputri, N., Nurhayati, N., & Pagiling, S. L. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa SMP Negeri 2 Merauke. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 789. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2919
Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., Sabilah, A. I. (2024). Analisis Data Sampel Menggunakan Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Pendapatan Menggunakan Uji Anova dan Uji T. Ekonomi Dan Bisnis, 2(30218365), 775–785. http://j-economics.my.id/index.php/home/article/view/186
Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Inara Aisha, Alpha Galih Adirakasiwi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.