Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.13

Kata Kunci:

Kualitas Belajar Matematika, Student Facilitator Explaining

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas belajar matematika melalui Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di VII2 MTS DDI Padanglolo, Jl. Pancasila. No. 3 Langga Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang yang terdiri dari 16 perempuan dan 15 laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo setelah penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, pada siklus I, 75,48 dan pada siklus II, 80,88. Persentase ketuntasan belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo pada Siklus I sebesar 74,2% dan persentase ketuntasan belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo pada Siklus II sebesar 90,3% dan memenuhi indikator keberhasilan. Dan 2) Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo. Selain terjadinya peningkatan hasil belajar siswa, juga terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining.

Biografi Penulis

Ishak Ishak, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Rosita Rosita, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Referensi

Abidin, Zainal. 2009. Quantum Teaching sebagai Strategi Belajar Mengajar.http://meetabied.wordpress.com/. Diakses pada 27 Mei2017.

Anita W., Sri Dkk. 2014. Materi Pokok Strategi Pembelajaran di SD;1-12;PDGK4105/4SKS—Cet.21;Ed.1Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Arifin. 1991. Evaluasi Intruksional. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ermawati, E., Nurchalis, N. F., & Sardi, A. (2021). Online EFL Teaching and Learning: Different skills, Different Challenges. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994.Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Matematika SLTP. Jakarta

Dimyanti, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Herdian. 2009. Student facilitator and explaining. Artikel. file:///F:/student facilitator and explaining.1.htm. Diakses pada tanggal22 Maret 2018

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jurusan Matematika FMIPA. Universitas Negeri Malang.

Holol, Anwar. 2009. Student facilitator and explaining. Artikel. file:///F:/student facilitator and explaining.2.htm. Diakses pada tanggal 22 Maret 2018.

Marsigit, 2008. Matematika SMP Kelas VIII. Bogor: Yudhistira.

Mujahidah, M., & Sardi, A. (2021). A Handbook YOUR BASIC GRAMMAR For Beginner (Non-Native Speakers).

Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.

Purwanto. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.

Sardi, A. (2017). The Discourse Analysis on Teachers’ Diction Used in TEFL at SMPN 2 Lembang. Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sardi, A., & Mujahidah, M. (2020). Could I Be Illogical?(Cibi Guide) For Non-Native Speaker.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Suhartono. 2007. Geometri I. Jurusan Matematika FMIPA. Universitas Negeri Makassar.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Tri Anni, Chatarina, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Dikti

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran.Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-16

Cara Mengutip

Ishak, I., & Rosita, R. (2022). Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.13

Terbitan

Bagian

Artikel