IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS TATA TERTIB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DI SMAN 1 MUARO JAMBI

Penulis

  • Baidilham Baidilham Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Try Susanti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Yeni Ramadhani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Nova Zailanti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Julian Dermawan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.600

Kata Kunci:

Kedisiplinan Siswa, Manajemen Peserta Didik, Sanksi Berjenjang, Tata Tertib Sekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa berdasarkan tata tertib yang berlaku serta mengidentifikasi bentuk pelanggaran yang masih muncul di SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, 2 guru, dan 4 siswa. Observasi dilakukan terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah, mekanisme pengawasan kedisiplinan, serta prosedur penanganan pelanggaran, sedangkan dokumentasi meliputi buku tata tertib sekolah, serta catatan pelanggaran siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi manajemen peserta didik di SMAN 1 Muaro Jambi berjalan efektif melalui penerapan sanksi berjenjang, pengawasan  guru yang konsisten, penegakan aturan jam masuk sekolah, serta dukungan Masyarakat dan tokoh adat. Namun demikian, pelanggaran seperti keterlambatan masuk sekolah, membawa telpon genggam tanpa izin, merokok, dan beberapa kasus perkelahian masih ditemukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tata tertib sekolah telah di terapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan pengawasan pada area rawan pelanggaran, serta pelibatan aktif siswa untuk menjaga kedisiplinan secara berkelanjutan.

Referensi

Ahmad Fauzi. (2019). Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 110–126. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.69

Aneliarisa, A. (2021). Peningkatan Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang Pada Siswa SMP Negeri 2 Ujan Mas Kepahiang Tahun Pelajaran 2020/2021. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik,269–275.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Barru, N., Jannah, M., & Alam, F. A. (2023). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Uptd Smp. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1, 27–38.

Creswell, J. W. (1994). Research design: Qualitative & quantitative approaches.

Eka Novia Anggraini, & Tjipto Subadi. (2015). Pengelolaan Tata Tertib Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Varidika, 27, 144–151.

Laugi, S. (2019). Penerapan tata tertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239–258.

Mahendra, P. I., & Sulaiman, S. (2023). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa di SMA. Islamika, 5(4), 1624–1643. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.3997

Meti, M. D., & Iswahyudi, D. (2019). Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3, 151–158.

Mustofa, W. (2025). Peran Stakeholder dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan: Kajian Literatur terhadap Hubungan Sekolah, Orang Tua, dan Komunitas. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Pendidikan,163-174. https://journal.yapakama.com/index.php/JAMED/article/view/344

Nupusiah, U., Aditya, R., & Dewi, D. S. (2023). Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 10-16. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2194

Nupusiah, U., Aditya, R., & Dewi, D. S. (2023). Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 10-16. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2194

Pangestu, D., & Djuhan, M. W. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII D (Study Mata Pelajaran IPS Terpadu) di SMP 1 Ma’arif Ponorogo. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 2(1), 1–11.

Roulston, K., & Choi, M. (2018). Qualitative interviews. The SAGE Handbook of Qualitative Data Collection, 233–249.

Sari, D. I., & Saleh, M. (2025). Implementasi Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Peningkatan Perilaku Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 4 Tomia. Mores: Jurnal Pendidikan, Moral dan Kewarganegaraan, 3(2), 121-135.https://doi.org/10.36709/mores.v3i2.47

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-09

Cara Mengutip

Baidilham, B., Susanti, T., Ramadhani, Y., Zailanti, N., & Dermawan, J. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS TATA TERTIB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DI SMAN 1 MUARO JAMBI. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 5(1), 159–168. https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.600

Terbitan

Bagian

Artikel