Peningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.5

Kata Kunci:

Think Talk Write, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn yang diajarkan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas V UPT SDN 57 Mattiro Sompe. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua kihlus, yakni siklus I dan siklus II untuk setiap siklusnya mengikuti langkah-langkah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 57 Mattiro Sompe dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V sebanyak 20 siswa yang terdiri dari sembilan siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Hasil pengujian ini disimpulkan tentang a) Skor rata-rata hasil belajar PKn siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 73,08% menjadi 77,93% pada siklus II, b) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 56% menjadi 68% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai, dan c) persentase tanggapan pelaksanaan, hampir semua siswa menyukai Matemaitika, dan senang Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) serta setuju jika model ini diterapkan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn dapat ditingkatkan melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kelas V UPT SDN 57 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang.

Referensi

Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.

Aris Shoimin, Model Pembelajaran Innovativdalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), h.212-215.

Depdiknas 2007 tentang Kajian Kebijakan Kurikulum PKn

Etin Solihatin dan Raharjo , Cooperatve Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, cet.3,(Jakarta: Bumi Aksara,2008) h 4

Ermawati, E., Nurchalis, N. F., & Sardi, A. (2021). Online EFL Teaching and Learning: Different skills, Different Challenges. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1).

Hasbullah,Dasar Dasarilmu Pendidikan, (Jakarta:Rajawali Pers,2012), h. 6

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.

Istarani dan Muhammad Ridwan, 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif, (Medan : CV Media Persada, 2014), h. 55

Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.

Kulsum, Umi. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM, Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Kurinasih, Imas. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena

Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Jakarta : Pustaka Pelajar,2014), h. 218

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya pasal 19

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi

Ramayulis , Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002) h. 341

Rifa’i, Achmad. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendiidkan Kewarganegaran SD. Jakarta: PJJ PGSD S1

Rusman, model model pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers,2013) h 3

Rustaman, Nuryani. dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Frenada Media

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learninng: Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto. S. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-15

Cara Mengutip

Hamdana, H., & Ermawati, E. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 48–63. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.5

Terbitan

Bagian

Artikel