PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DENGAN ANIMAKER UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Ketut Agus Supriadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.44

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, Hasil Angket, Media Pembelajaran, Model Four-D, Video Animasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan 9 media pembelajaran berupa video animasi yang berdurasi 3-6 menit. Video animasi ini terdiri dari pengenalan kosakata, percakapan, dan latihan soal untuk menuntun daya berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D (4D) oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn L Semmel (1974:5) yang terdiri dari empat tahapan diantaranya yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode wawancara dan kuesioner berupa angket uji ahli (uji ahli media, uji ahli materi) dan uji coba produk untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli media yaitu 89 (sangat sesuai), dari ahli materi yaitu 86,36 (sangat sesuai). Skor yang diperoleh dari hasil angket uji coba terbatas dengan guru yaitu 98 (sangat sesuai), sedangkan dari siswa yaitu 99 % (sangat layak). Dengan demikian, video animasi yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagi media penunjang pembelajaran untuk memotivasi dan khususnya untuk menuntun daya  berpikir kritis siswa.

Referensi

Adrianti, N.K.A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash Untuk Sekolah Dasar Di Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6 (2), 235-247. Retrieved from

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/26733

Ahmad, A. K., Ishak, & Afdalia. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79–87. Diambil dari https://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjme/article/view/23

Bagiasa, W., Mardani, D. M. S. M. S., & Sadyana, I. W. (2018). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang Keperawatan Untuk Siswa Kelas X Semester Ganjil Jurusan Keperawatan di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 4 (1), 11-21. Retrieved from

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/15202

Hamid, Mustofa Abi, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Iis & Totok. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Jurnal Elinvo, 2 (2), 205-210.

Julia, J., dkk. 2021. Pengembangan Media Musik Berbasis Digital untuk Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV. Caraka Khatulistiwa.

Mahendra, K.A. 2021. Persepsi Guru Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring di SMK Kota Singaraja. Artikel submitted.

Mardani, D.M.S & Sadyana, I.W. (2022). Educational Media in Japanese Language E-Learning: Teacher Selection/Preparation and Perception. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2),137-147. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i2.24220

Marpanaji. E dkk, 2018. “Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants”. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1140/1/012014

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Praditya, D. K. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Shakai Gengogaku Topik II: Multilingualisme Di Jepang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). Retrieved from

https://repo.undiksha.ac.id/12114/

Saifuddin. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.

Sardi, A. (2017). The Discourse Analysis on Teachers’ Diction Used in TEFL at SMPN 2 Lembang, Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sari, N. J. E., Awanita, I. M., & Irawan, I. K. A. (2020). Pola Program Berpikir Kritis (Critical Thinking) dalam Ruang Belajar Mengajar Era Abad 21 (Studi pada Pasraman Kota Tangerang). Jurnal Pasupati, 7 (1), 59-71. Retrieved from

http://ojs.stahdnj.ac.id/index.php/pasupati/article/view/208

Thiagarajan, S., Sammel, D. S & Samel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Chidren. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-03

Cara Mengutip

Supriadi Putra, K. A., Sri Mardani, D. M. ., & Suartini, N. N. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DENGAN ANIMAKER UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 25–43. https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.44

Terbitan

Bagian

Artikel