KAJIAN LITERATUR MENGENAI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Adinda Sarastiara Universitas Majalengka, Indonesia
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka, Indonesia
  • Mahpudin Mahpudin Universitas Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.437

Kata Kunci:

Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran, RADEC, Sekolah Dasar

Abstrak

Keterampilan proses sains (KPS) merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa di abad ke-21 untuk mendukung kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Namun, data menunjukkan bahwa tingkat KPS siswa di Indonesia, khususnya di Jawa Barat masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel dari jurnal yang telah terakreditasi, yang diperoleh melalui Google Scholar dan perangkat Publish or Perish. Hasil kajian menunjukkan bahwa model RADEC, dengan sintaks pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create, efektif dalam meningkatkan KPS siswa. Beberapa penelitian yang dianalisis menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar dan keterampilan proses sains setelah penerapan model RADEC, baik secara mandiri maupun melalui bantuan media pembelajaran inovatif seperti Canva dan animasi interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model RADEC dapat menjadi solusi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi rendahnya keterampilan proses sains siswa di Indonesia.

Referensi

Ansor, Z., & Pratiwi, V. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018 Zainur. Jurnal Cendikia Pendidikan, 1(1), 86–96.

Astalini, Darmaji, Kurniawan, D. A., Wirayuda, R. P., Putri, W. A., Rini, E. F. S., Ginting, A. A. B., & Ratnawati, T. (2023). Impact of Science Process Skills on Thinking Skills in Rural and Urban Schools. International Journal of Instruction, 16(2), 803–822.

Barus, R. A., & Sahrul. (2024). 4C Skills of the 21St Century: Their Nature and Importance in Primary School Learning. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(2), 689–696.

Dewi, A. K., Slamet, S. Y., Atmojo, I. R. W., & Syawaludin, A. (2022). The Influence of Interactive Digital Worksheets Based on Level of Inquiry Towards Science Process Skills in Elementary School. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(1), 251–258.

Hidayati, T. P., Sutresna, Y., & Warsono, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1.

Hopipah, D., Kusnandar, N., Anggraeni, P., Info, A., Read, M. P., Explain, A. D., Animasi, M. I., Sains, K. P., Hopipah, D., & April, U. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Media Interaktif Animasi Terhadap Keterampilan. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 3(1), 8–21.

Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187.

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103–111.

Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Ipa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167.

Nurjannah, A. Oktavia, M. Ayurachmawati, P. (2023). Penerapan Model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (Radec) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(03), 447–455.

Putri, C. A., & Zulfadewina, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC berbasis STEAM terhadap Literasi Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1162–1170.

Rahayu, A. S., Pratama, D. F., & Kelana, J. B. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains : Model RADEC Assisted By Canva Media Efforts to Improve Science Process Skills : RADEC Model Assisted By Canva Media. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(1), 1–12.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42.

Sarioglu, S. (2023). Development of Online science process skills test for 8th grade pupils. Journal of Turkish Science Education, 20(3), 418–432.

Sri Wahyuni, Khaerudin, A. H. (2022). Perbandingan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Radec Dan Discovery Learning Siswa Kelas V Upt Spf Sdn Parang Comparison of Science Process Skills and Science Learning Outcomes Through the Radec Learning Model and D. Jurnal EduTech, 8(2), 146–155.

Taqyudin, K., Hindriana, A. F., & Nur, S. H. (2023). Pembelajaran Praktikum Dengan Bantuan Lks Berbasis Kps Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Mts Al-Ikhlas Baribis Majalengka. Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education), 8(2), 45–52.

Yanti, Y. E., & Susilo, H. (2023). Learning Cycle-Inquiry Effect on Pre-Service Elementary Teachers’ Science Process Skills and Content Knowledge. Pedagogika, 152(4), 169–187.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-08

Cara Mengutip

Sarastiara, A., Kurino, Y. D., & Mahpudin, M. (2025). KAJIAN LITERATUR MENGENAI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 912–922. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.437

Terbitan

Bagian

Artikel